Cara Verval PIP Madrasah Kemenag Terbaru

Cara Verval PIP Madrasah Kemenag Terbaru

Proses penyaluran bantuan program Indonesia Pintar (PIP) kini sampai pada tahap verifikasi dan validasi peserta didik penerima bantuan ini melalui laman Verval PIP Madrasah Tahun 2022 yang beralamat di https://emadrasah.kemenag.go.id/verval.

Laman verval PIP Madrasah ini di gunakan sebagai upaya untuk meningkatkan ketapatan sasaran bantuan program Indonesia pintar bagi peserta didik di madrasah sebelum di tetapkan sebagai penerima.

Sebelumnya, melalui SK Dirjen Pendis Kemenag Nomor 873 Tahun 2022 telah ditetapkan petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama Tahun 2022.

Cara Verval PIP Madrasah Kemenag Terbaru

Terdapat 4 (empat) fitur utama di dalam aplikasi Verval PIP Madrasah antara lain:

  • Nominasi Siswa; fitur ini berisikan peserta didik yang telah melakukan aktivasi rekening PIP Madrasah dan masih aktif di madrasah pada semester genap Tahun 2022.
  • Validasi Siswa; fitur ini berisikan peserta didik yang tidak melakukan aktivasi rekening tetapi saat ini masih aktif di madrasah semester genap Tahun 2022.
  • Residu Siswa; dala fitur ini berisikan peserta didik yang tidak sesuai dengan data pada Emis 4.0 karena terdapat kesalahan pada penulisan nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.
  • Konfirmasi Data; fitur ini dugunakan apabila semua proses validasi dan verifikasi data penerima PIP telah selesai dilakukan dan madrasah menetapkan peserta didik tersebut sebagai calon penerima Program Indonesia Pintar Tahap I Tahun 2022.

Cara melakukan Verval PIP Madrasah Kemenag Tahun 2022 ini terdapat 5 langkah yang harus di lakukan oleh operator madrasah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik di madrasahnya sebelum di ajukan dan nantinya di tetapkan sebagai penerima manfaat PIP Madrasah 2022.

Adapun 5 (lima) langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Login Akun verval PIP Madrasah di https://emadrasah.kemenag.go.id/verval atau melalui https://pipmadrasah.kemenag.go.id.
  2. Membuka Halaman Nominasi dan melakukan cek data peserta didik.
  3. Membuka Halaman Validasi Siswa dan melakukan validasi data peserta didik calon penerima PIP Madrasah 2022.
  4. Membuka halaman Residu dan memperbaiki data peserta didik yang tidak sama (singkron) dengan Emis Madrasah 4.0.
  5. Konfirmasi Data peserta didik yang telah selesai di verifikasi dan validasi dan telah sesuai dengan Emis Madrasah.

Download Panduan Penggunaan Aplikasi Verval PIP Madrasah


Penggunaan Aplikasi Verval PIP Madrasah jugadi sediakan dalam format PDF yang dapat dibaca dan di pelajari oleh madrasah sebelum melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik di website verval program Indonesia pintar pada madrasah.

Silahkan unduh Panduan Penggunaan Aplikasi Verval PIP Madrasah disini: Unduh File.

Baca Juga: Persyaratan Dan Berkas Aktivasi Rekening dan Penarikan Dana PIP Madrasah

Demikianlah informasi tentang Cara Verval PIP Madrasah Kemenag, semoga dapat memberikan guna dan manfaat dalam proses pendataan penerima manfaat program Indonesia Pintar.
Learn More
Contoh SK Operator Emis Madrasah Terbaru

Contoh SK Operator Emis Madrasah Terbaru

Contoh SK Operator Emis 4.0 Terbaru dipergunakan untuk landasan kerja pengelola data madrasah untuk mengelola data lembaga atau satuan pendidikan madrasah pada laman Emis Madrasah.

Data dan informasi merupakan aset dan sumber daya yang sangat penting bagi suatu organisasi. Oleh karena itu, untuk mewujudkan data dan informasi yang berkualitas maka data dan informasi harus dikelola secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, terintegrasi dan berkesinambungan.

Pentingnya peran data dan informasi Pendis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan pendidikan Islam, Ditjen Pendis berupaya untuk mengembangkan sistem pengelolaan data pendidikan Islam yang dikenal dengan Education Management Information System (EMIS) Terbaru.

Hal ini dimaksudkan agar Ditjen Pendis memiliki satu sumber data yang dapat dijadikan sebagai referensi (rujukan) utama bagi para stakeholder yang membutuhkan data dan informasi pendidikan Islam yang lengkap, akurat dan tepat waktu.

Dalam perkembangannya, kebutuhan data dan informasi pendidikan Islam semakin bertambah dan meluas, sehingga saat ini hampir setiap unit kerja di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam mengembangkan sistem manajemen data secara mandiri.

Pengembangan sistem manajemen data di masing-masing unit kerja tersebut selayaknya tetap mengacu pada satu data referensi yang sama, yaitu Emis Madrasah, sehingga memudahkan dalam melakukan tata kelola dan integrasi data pendidikan Islam.


Namun sampai saat ini, pengembangan sistem manajemen data di masing-masing unit kerja masih bersifat parsial dan sporadis sehingga berakibat terjadinya tumpang tindih proses pendataan yang harus dilakukan oleh sumber data di daerah, baik untuk entitas satuan pendidikan, peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan.

Contoh SK Operator Emis 4.0 Terbaru

Untuk lebih memaksimalkan pengelolaan data dan sistem informasi di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam, maka perlu disusun suatu acuan agar pengelolaan data dan pengembangan sistem informasi Pendidikan Islam dapat dilakukan secara terintegrasi.

Tugas Operator Madrasah (Tingkat Satuan Pendidikan)


  • Melakukan pengisian dan pengiriman data pokok melalui aplikasi pendataan Emis;
  • Melakukan pemutakhiran data Emissecara berkala sekurangkurangnya 1 (satu) kali dalam satu semester;
  • Memeriksa dampak data yang telah diisikan pada aplikasi Emis di sejumlah sistem informasi lain di lingkungan Direktorat Jenderal, Kementerian dan Kementerian/Lembaga mitra lainnya;
  • Menjamin kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data yang dikirimkan;
  • Memaksimalkan pemanfaatan data Emis untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan program kerja di lingkup satuan pendidikan masing-masing;
  • Mengalokasikan anggaran untuk mendukung kebutuhan operasional pendataan di satuan pendidikan masing-masing;
  • Menyediakan dan memelihara sarana pendataan di satuan pendidikan masing-masing; dan
  • Menunjuk paling sedikit 1 (satu) orang tenaga operator data Emis tingkat satuan pendidikan yang bertugas untuk melakukan pengisian dan pengiriman data melalui aplikasi Emis.

Persyaratan Minimum Tenaga pengelola data (Operator Emis)


Tenaga pengelola data Emis yang ditunjuk baik di tingkat Direktorat Jenderal, Direktorat, Kanwil Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, Kopertais maupun satuan pendidikan berstatus sebagai pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai yang diangkat secara sah sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan kualifikasi dan kompetensi minimum sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan teknis yang memadai di dalam mengoperasikan aplikasi komputer (seperti: MS Excel, Browser, dll) dan pengelolaan database;
  • Memiliki kemampuan untuk memahami alur pendataan dan teknis pengisian data; dan
  • Memiliki komitmen, dedikasi dan etos kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pendataan.

Download Contoh SK Operator Madrasah MI MTs dan MA Terbaru


Bapak/Ibu Operator Madrasah, berikut adalah Contoh SK Operator Emis Terbaru untuk mengelola data dan sistem informasi Pendidikan Islam di laman Emis Madrasah yang dapat diunduh pada tautan berikut ini: Contoh SK Operator Emis Terbaru.

Demikianlah informasi tentang Contoh SK Operator Emis Terbaru, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
Learn More
SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru

SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru

Tenaga Operator pada Pendidikan RA (Raudlatul Athfal) memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam proses perjalanan pendataan pendidikan. Sehingga perlu adanya legalitas sebagai dasar pemenuhan hak dan tanggung jawabnya melalui SK Operator RA yang diberikan oleh Kepala Raudlatul Athfal (RA).

Adapun Tugas dan tanggung jawab operator RA secara garis besar sama dengan operator pendidikan pada sekolah/madrasah yang antara lain adalah sebagai berikut:

SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru

  • Melakukan Pemutakhiran teknologi berbasis data (database) untuk meningkatkan kehandalan akses data pada Raudlatul Athfal (RA).
  • Memberi layanan interkoneksi antara sistem database EMIS RA dengan sistem aplikasi eksternal lain yang dikembangkan mandiri oleh pihak madrasah atau pihak Kemenag.
  • Memberikan informasi tentang data pendidikan pada satuan pendidikan RA baik untuk kepentingan internal Kemenag atau pihak-pihak yang membutuhkan data pendidikan madrasah melalui proses yang legal.
  • Melakukan updating data secara realtime sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis Kemenag).

Dengan tugas dan fungsi operator RA (Raudlatul Athfal) yang sangat penting tersebut, sehingga keberadaan Surat Keputusan (SK) juga sangat penting, selain menjadi landasan kerja. Namun juga sebagai regulasi pemberian hak-haknya selama melaksanakan tugas dan tanggung jawa tersebut.

Baca Juga: Contoh Surat Tugas Operator Emis Madrasah Terbaru

Raudlatul Athfal (RA) merupakan satuan pendidikan setingkat TK yang termasuk dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) dibawah naungan Kementerian Agama RI. Sehingga dalam perjalanan pendidikannya mengacu pada regulasi yang diterbitkan oleh Kemenag RI.

Baca Juga: Contoh SK Operator Madrasah Terbaru

Download Contoh SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru


Contoh SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru berikut ini dapat dijadikan sebagai acuan dasar dalam pembuatan surat keputusan tentang kerja operator Raudlatul Athfal (RA).

Namun, satuan pendidikan RA dapat mengembangkannya kembali baik menambahi atau mengurangi apa yang sudah tercantum dalam Contoh SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru tersebut.

Oleh karena itu, bagi bapak/ibu pengelola Raudlatul Athfal (RA) yang membutuhkan referensi SK Operator Raudtalul Athfal (RA), silahkan dapat mengunduhnya disini.

Demikianlah informasi tentang Contoh SK Operator RA (Raudlatul Athfal) Terbaru, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
Kamimadrasah.id
Learn More
Soal SAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Soal SAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Soal SAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka merupakan penilaian berbentuk soal yang di laksanakan di akhir semester 1. Sumatif Akhir Semester atau SAS merupakan penggunaan istilah baru dalam kurikulum merdeka yang dulu biasa disebut sebagai Penilaian Akhir Semester (PAS).

Asesmen sumatif ialah penilaian yang di laksanakan untuk melakukan evaluasi pencapaian tujuan pembelajaran dan tingkat penguasaan siswa secara umum yang telah di pelajari sebelumnya. Asesmen sumatif dapat di lakukan pada akhir proses pembelajaran atau akhir semester, serta juga dapat di laksanakan untuk dua atau lebih capaian pembelajaran.

Baca Juga: RPP/Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 7 MTs Terbaru

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 berikut sesuai dengan implementasi kurikulum terbaru yakni kurikulum merdeka. Sehingga dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan Asesmen Sumatif kepada peserta didik di akhir semester ganjil.

Soal SAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Dalam butir soal Soal SAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka, terdapat 20 soal pilihan ganda, 10 soal isian singkat, dan 10 soal uraian. Sementara itu, untuk materi dalam soal penilaian akhir semester (PAS) Akidah Akhlak Kelas 7 MTs ini terdiri dari 5 BAB.

Implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran akidah akhlak mengacu pada KMA 183 dan KMA 184. Oleh karena itu, soal sumatif akhir semester (SAS) Akidah Akhlak kelas 7 semester 1 ini juga mengacu dua regulasi tersebut.


Namun guru dapat menyesuaikan kembali soal-soal yang ada dengan ketercapaian materi serta ketentuan yang berlaku disetiap satuan pendidikan madrasah.

Asesmen Sumatif mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 7 Semester 1 dapat diunduh dalam tautan berikut ini:
  • Soal PAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Unduh
  • Soal SAS Akidah AKhlak Kelas 7 Semester 1 Unduh
Demikian informasi terkait Soal SAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka, semoga dapat memberikan manfaat bagi guru Akidah Akhlak dalam menyiapkan pelaksanaan asesmen sumatif.
Learn More
Modul Ajar Bahasa Inggris SD MI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Bahasa Inggris SD MI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD MI terbaru mengacu pada kurikulum merdeka sebagai paradigm baru dalam pendidikan di Indonesia dan mulai di implementasikan secara bertahap di madrasah.

Modul ajar merupakan istilah penyebutan baru dalam kurikulum merdeka untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Modul Ajar atau RPP merupakan seperangkat dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sebagai grand desain proses belajar mengajar di kelas.

Modul Ajar Bahasa Inggris SD MI Kurikulum Merdeka

Dalam menyusun Modul ajar Bahasa Inggris jenjang SD/MI, guru harus mengacu pada capaian pembelajaran (CP) yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) atau Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Baca Juga: Modul Ajar Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka

Capaian pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran Bahasa Inggris pada jenjang SD/MI Kurikulum Merdeka.

Oleh karena itu, modul ajar ini harus disusun sejalan dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, sehingga nantinya proses belajar mengajar dapat berjalan untuk mencapai tujuan berupa kompetensi dasar dalam kurikulum merdeka.

Modul ajar terdiri dari beberapa komponen yakni Informasi umum, tujuan pembelajaran, profil pelajar Pancasila, model pembelajaran, asesmen/penilaian, serta teknik dan alat belajar.

Download Modul Ajar Bahasa Inggris SD/MI Kurikulum Merdeka


Dalam artikel ini, kamimadrasah.id akan berbagi tentang Modul Ajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang SD/MI Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan modul ajar Bahasa Inggris SD MI, silahkan unduh dalam tautan berikut ini:

  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 2 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 6 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh

Untuk memastikan bahwa Modul ajar ini telah sesuai dengan kondisi di sekolah, silahkan cek terlebih dahulu kesesuaian dengan ketersediaan sarana prasarana yang ada di sekolah.

Sekian informasi tentang Modul Ajar Bahasa Inggris SD/MI Kurikulum Merdeka, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
Learn More
Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka adalah dokumen perencanaan proses pembelajaran yang disusun guru untuk menjalankan kegiatan belajar dan mengajar.

Kurikulum Merdeka membawa beberapa perubahan dalam struktur kurikulum pendidikan, salah satunya adalah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS sehingga menjadi IPAS pada jenjang SD/MI.

Dengan di implementasikannya Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan dan interaktif.

Kurikulum Merdeka di harapkan mampu memberikan ruang seluas-luasnya kepada peserta didik dalam berkreasi dan mengembangkan diri.

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru

Penggabungan IPA dan IPS menjadi mata pelajaran IPAS berdasarkan pertimbangan bahwa anak usia SD/MI lebih cenderung melihat segala sesuatu secara utuh dan terpadu.

Penggabungan ini di harapkan dapat memicu peserta didik untuk dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan yang utuh.

Mata pelajaran IPAS mulai di ajarkan di Kelas 3 (Fase B) SD/MI untuk menguatkan kesadaran peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya, baik alam maupun sosial.

Untuk itu, agar peserta didik dapat memahami lingkungan sekitar, maka mata pelajaran IPA dan IPS di gabungkan sebagai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam kurikulum merdeka.

Agar proses pembelajaran dapat di laksanakan untuk mencapai tujuan, maka guru perlu menyusun modul ajar IPAS kurikulum merdeka. Modul Ajar merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di gunakan sebagai grand desain kegiatan belajar mengajar.

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru terdiri dari beberapa komponen antara lain; tujuan, alur, dan target pencapaian modul ajar.

Baca Juga: Buku Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru

Melalui modul ajar ini, peserta didik di harapkan bisa mengidentifikasi urutan siklus air, dan mendeskripsikan pengaruh siklus air dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa mengasah keterampilan untuk menuju dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia kepada lingkungan sekitar, Mandiri dengan mengembangkan diri, Bernalar Kritis, dan Bergotong royong.

Baca Juga: Buku Kuirkulum Merdeka Kelas 1 SD MI Terbaru

Dalam modul ajar ini banyak kegiatan refleksi yang akan terjadi di setiap tahapan proses, dan fokus pada topik air sebagai sumber kehidupan, sesuai dengan tujuan pembelajaran di fase ini.

Download Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru


Berikut ini kamimadrasah.id akan membagikan modul ajar IPAS kurikulum merdeka terbaru yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Silahkan unduh modul ajar IPAS SD/MI dalam tautan berikut ini:

  • Modul Ajar IPAS Kelas 3 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • Modul Ajar IPAS Kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka 1 Unduh 
  • Modul Ajar IPAS Kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka 2 Unduh
  • Modul Ajar IPAS Kelas 6 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh

Baca Juga: Modul Ajar Pelajaran Bahasa Inggris SD/MI Lengkap Terbaru

Demikianlah informasi tentang Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru, semoga bermanfaat.
Learn More