TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis MI MTs MA

TP ATP dan Modul Ajar atau RPP Al-Quran Hadis MI MTs MA dibuat sebagai referensi bagi guru yang berada di madrasah pelakasana Kurikulum Merdeka dalam merangcang kegiatan belajar mengajar.

Selain Modul ajar atau RPP, berikut ini admin kamimadrasah.id juga akan membagikan tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Al-Quran Hadis jenjang MI MTs MA Kurikulum Merdeka.


TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis MI MTs MA

Al-Quran Hadis sebagai salah satu mata pelajaran rumpun PAI yang diajarkan dimadrasah, dalam implementasi kurikum merdeka mengacu pada regulasi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah.

Sehingga acuan dalam penyusunan TP dan ATP, serta Modul ajar atau RPP Kurikulum Merdeka juga harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Namun, madrasah di jenjang MI MTs MA dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan dari madrasah itu sendiri.

Saat ini, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) masih bersifat (opsional). Artinya, sekolah dapat memilih untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka atau tidak. Hal tersebut sangat bergantung pada kesiapan madrasah masing-masing.

Kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ditentukan dari kesiapan guru serta sarana prasarana yang ada. Sehingga, madrasah perlu mempertimbangkan banyak hal terkait IKM ini.

Al-Quran hadis menjadi salah satu mata pelajaran rumpun PAI yang masuk dalam kategori kurikulum nasional yang wajib di ajarkan di madrasah.

Baca Juga: Modul Ajar Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Madrasah

TP, ATP, dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis menjadi istilah baru dalam kurikulum merdeka yang dulunya biasa disebut sebagai Kompetensi Dasar (TP), Silabus (ATP), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP (Modul Ajar).

Oleh karena itu, guru tidak perlu bingung terkait istilah-istilah tersebut karena hal tersebut hanya terkait tentang istilah yang berbeda saja. Namun secara garis besar tetap sama secara fungsi dan tujuannya yakni sebagai rancangan proses kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Download TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis MI MTs MA Kurikulum Merdeka


Untuk Bapak/Ibu guru Al-Quran Hadis pada jenjang MI MTs dan MA yang bernaung di madrasah pelaksana kurikulum merdeka, silahkan unduh TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis MI MTs MA disini.

Baca Juga:


TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis MI MTs MA ini hanya contoh yang dapat dikembangkan oleh guru sesuai kondisi dan situasi di madrasah. Sehinga TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis tidak bersifat pakem dan tidak bisa dirubah.

Itulah tadi infromasi tentang TP ATP dan Modul Ajar (RPP) Al-Quran Hadis MI MTs MA, semoga dapat bermanfaat dalam rangka persiapan implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah.