Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka adalah dokumen perencanaan proses pembelajaran yang disusun guru untuk menjalankan kegiatan belajar dan mengajar.

Kurikulum Merdeka membawa beberapa perubahan dalam struktur kurikulum pendidikan, salah satunya adalah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS sehingga menjadi IPAS pada jenjang SD/MI.

Dengan di implementasikannya Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan dan interaktif.

Kurikulum Merdeka diharapkan mampu memberikan ruang seluas-luasnya kepada peserta didik dalam berkreasi dan mengembangkan diri.

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka

Penggabungan IPA dan IPS menjadi mata pelajaran IPAS berdasarkan pertimbangan bahwa anak usia SD/MI lebih cenderung melihat segala sesuatu secara utuh dan terpadu.

Penggabungan ini diharapkan dapat memicu peserta didik untuk dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan yang utuh.

Mata pelajaran IPAS mulai diajarkan di Kelas 3 (Fase B) SD/MI untuk menguatkan kesadaran peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya, baik alam maupun sosial.

Untuk itu, agar peserta didik dapat memahami lingkungan sekitar, maka mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan sebagai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam kurikulum merdeka.

Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan untuk mencapai tujuan, maka guru perlu menyusun modul ajar IPAS kurikulum merdeka. Modul Ajar merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan sebagai grand desain kegiatan belajar mengajar.

Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru terdiri dari beberapa komponen antara lain; tujuan, alur, dan target pencapaian modul ajar.

Baca Juga: Buku Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru

Melalui modul ajar ini, peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi urutan siklus air, dan mendeskripsikan pengaruh siklus air dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa mengasah keterampilan untuk menuju dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia kepada lingkungan sekitar, Mandiri dengan mengembangkan diri, Bernalar Kritis, dan Bergotong royong.

Baca Juga: Buku Kuirkulum Merdeka Kelas 1 SD MI Terbaru

Dalam modul ajar ini banyak kegiatan refleksi yang akan terjadi di setiap tahapan proses, dan fokus pada topik air sebagai sumber kehidupan, sesuai dengan tujuan pembelajaran di fase ini.

Download Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru


Berikut ini kamimadrasah.id akan membagikan modul ajar IPAS kurikulum merdeka terbaru yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Silahkan unduh modul ajar IPAS SD/MI dalam tautan berikut ini:

  • Modul Ajar IPAS Kelas 3 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh
  • Modul Ajar IPAS Kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka 1 Unduh 
  • Modul Ajar IPAS Kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka 2 Unduh
  • Modul Ajar IPAS Kelas 6 SD MI Kurikulum Merdeka Unduh

Baca Juga: Modul Ajar Pelajaran Bahasa Inggris SD/MI Lengkap Terbaru

Demikianlah informasi tentang Modul Ajar IPAS SD MI Kurikulum Merdeka Terbaru, semoga bermanfaat.