Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 SD/MI Terbaru

Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 SD/MI Terbaru dibuat untuk pelaksanaan UTS/PTS kelas 2 tingkat SD/MI pada semester 2 yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban.

Kegiatan Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) menjadi program sekolah/madrasah untuk melakukan penilaian hasil belajar siswa selama pertengahan semester dalam rangka memenuhi standar nasional pendidikan (SNP).

Dalam melaksanakan penilaian hasil belajar, guru dapat menggunakan soal PTS kelas 2 semester 2 berikut ini untuk acuan dalam menyusun kisi-kisi dan merakit soal penilaian tengah semester (UTS/PTS).

Contoh soal PTS/UTS kelas 2 semester 2 terbaru berikut ini terdiri dari soal pilihan ganda dan essay yang diambil dari buku tematik kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 (K13).

Dalam masa pemulihan setelah pandemi covid19, penilaian tengah semester (PTS) kelas 2 semester 2 (genap) SD/MI dapat dilaksanakan secara tatap muka. Sehingga dalam pelaksanaannya, bentuk soal dapat diberikan kepada peserta didik dalam bentuk hardcopy.


Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 SD/MI 2024

Mekanisme pelaksanaan UTS/PTS dapat disesuaikan dengan kondisi serta kemampuan guru dan siswa dalam bidang sarana prasaran pendukungnnya. Oleh karenanya, penilaian tidak hanya terbatas dengan memberikan lembar soal, namun juga dapat dilaksanakan dengan metode lainnya.

Instrumen Tes Tulis dalam Kegiatan UTS/PTS Semester 2


Salah satu teknik penilaian hasil belajar siswa dapat dilaksanakan dengan bentuk tes tertulis. Tes tertulis dapat disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda (multiple choice), essay, matching, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah penyusunan instrumen tes tulis adalah sebagai berikut ini:
  • Memeriksa kompetensi dasar (KD) dan indikatornya;
  • Menetapkan tujuan penilaian;
  • Menyusun kisi-kisi soal tes;
  • Merakit soal mengacu pada kisi-kisi & kaidah penulisan item soal;
  • Membuat pedoman penskoran beserta kunci jawabannya.

Download Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 Tematik K13 Terbaru


Soal UTS/PTS kelas 2 semester 2 Tematik K13 SD/MI terbaru dapat Bapak/Ibu guru kelas jenjang SD/MI unduh dalam tautan berikut ini.

  • Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 Tema 5 subtema 1 dan 2 Unduh
  • Contoh Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 Tema 5 subtema 3 dan 4 Unduh
  • Soal PTS/UTS Kelas 2 Semester 2 Tema 6 subtema 1 dan 2 Unduh
  • Contoh Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 Tema 6 subtema 3 dan 4 Unduh


Bapak/Ibu guru kelas jenjang SD/MI juga dapat mengunduh soal-soal penilaian tengah semester (UTS/PTS) untuk kelas lainnya dalam tautan berikut ini:


Dalam penggunaan Soal Penilaian Tengah Semester diatas, dapat diubah dan disesuaikan dengan pencapaian materi pembelajaran yang sudah dilaksanakan selama semester genap pada tahun pelajaran saat ini.

Sekian informasi tentang Soal UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 SD/MI Revisi Terbaru, semoga bermanfaat.