Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA Terbaru

Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA Terbaru dirancang sebagai instrumen penilaian untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi perbaikan sistem pembelajaran di madrasah, mulai dari level kelas, madrasah, kabupaten/provinsi, hingga nasional.

Hasil AKMI berupa rekomendasi atau umpan balik kelemahan/kekuatan peserta didik. Umpan balik ini menjadi bahan acuan penting dalam mengintervensi proses pembelajaran di madrasah, penyusunan atau perbaikan buku ajar, maupun intervensi kebijakan lainnya, termasuk kebijakan moderasi beragama.

Sistem asesmen ini mengelaborasikan kekhasan madrasah dan tetap mengadopsi sistem Asesmen Nasional (AN) yang dikembangkan Kemendikbudristek. Pada ranah pengetahuan, AKMI mengelaborasikan literasi sosial budaya (social culture literacy) dan literasi sains guna menunjang literasi membaca dan literasi matematika.


Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA Terbaru

Literasi ini penting dalam konteks pendidikan di madrasah guna membangun karakter sosial budaya dan sains peserta didik yang Islam rahmatan lil alamin.

Ditambahkanya literasi sosial budaya dan literasi sains dalam AKMI dengan maksud untuk mengungkap pengarusutamaan moderasi beragama yang mencerahkan dalam mengembangkan cara pandang, sikap, dan praktik keagamaan jalan tengah (wasathiyah), membangun perdamaian, menghargai kemajemukan, menjunjung tinggi keadaban mulia, dan memajukan kehidupan umat manusia.

Hal ini terwujud dalam sikap hidup amanah, adil, ihsan, toleran, kasih sayang terhadap umat manusia tanpa diskriminasi, serta menghormati kemajemukan.

Terungkapnya pola pikir dan cara pandang peserta didik tersebut, maka dapat digunakan untuk intervensi pembelajaran, penyusunan/perbaikan buku ajar maupun intervensi kebijakan lainnya.

AKMI dirancang sebagai instrumen untuk menghasilkan informasi perbaikan sistem pembelajaran di madrasah. Hasil AKMI tidak hanya memberikan informasi berupa penguasaan peserta didik pada kemampuan atau kompetensi tertentu, namun juga posisi mereka dalam serangkaian kompetensi yang seharusnya dikuasai. Inilah yang selanjutnya dinamakan tingkat kemahiran.

Artinya, hasil AKMI akan mampu membedakan antara kemampuan yang telah dikuasai oleh seorang peserta didik madrasah dan kemampuan yang masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Baca Juga: Surat Tugas Proktor, Teknis, Pengawas AKMI Terbaru

Berdasarkan hal di atas, ditetapkan tingkat kemahiran (literasi) dalam AKMI yang dibagi menjadi lima kategori, mulai terendah hingga tertinggi: Perlu Pendampingan, Dasar, Cakap, Terampil dan Perlu Ruang Kreasi. Kelima kategori kemahiran tersebut akan dijabarkan secara rinci di masing-masing literasi beserta rekomendasi tindak lanjutnya

Download Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA Terbaru


Sasaran kegiatan AKMI adalah peserta didik madrasah di kelas 5 MI, Kelas 7 MTs dan kelas 11 MA/MAK. Sehingga kisi-kisi asesmen kompetensi madrasah Indonesia berikut ini meliputi ketiga jenjang kelas tersebut.

Sedangkan dalam kisi-kisi AKMI jenjang MI MTs dan MA terdiri dari aspek literasi, konten, konteks, capaian, deskripsi stimulus, kompetensi, level soal, dan indikator butir soal.

Baca Juga: Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)

Kisi-kisi Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA memuat 4 kisi-kisi literasi asesmen kompetensi madrasah Indonesia yang meliputi; literasi membaca, literasi Numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

Silahkan unduh Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA Terbaru melalui tautan berikut ini:


Demikianlah informasi penting terkait Kisi-kisi AKMI MI MTs dan MA Terbaru, semoga dapat dipergunakan sebagai referensi dalam mempersiapkan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).