KI KD SKI MI KMA 183 Terbaru

KI KD SKI MI mengacu pada KMA 183 sebagai aturan terbaru terkait implementasi Kurikulum pendidikan agama Islam serta Bahasa Arab pada madrasah.

Sehingga KI dan KD jenjang Madrasah Ibtidaiyah juga harus mengacu pada regulasi tersebut. KI dan KD merupakan sekumpulan kompetensi tertentu yang harus dicapai pada satu mata pelajaran.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan KI KD untuk pembelajaran SKI pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai acuan bagi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran sebagai penjabaran langkah-langkah teknis mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar.


KI KD SKI MI KMA 183 Terbaru

Oleh karena itu, KI KD dapat dikatakan sebagai acuan awal bagi guru dalam menyusun dokumen pembelajaran seperti; RPP, Silabus, program tahunan dan semester, serta asesmen penilaiannnya.

Sejarah Kebudayaan Islam atau SKI menjadi salah satu dari empat pelajaran rumpun PAI yang di ajarkan di satuan pendidikan madrasah dan tidak diajarkan pada satuan pendidikan umum. Sehingga pelajaran SKI menjadi salah satu pelajaran yang menjadi ciri khas madrasah.

Pada jenjang MI, pelajaran SKI diberikan kepada peserta didik mulai dari tingkat/kelas 3, kelas, 4, kelas 5, dan kelas 6. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan mata pelajaran PAI lainnya yang mulai diberikan kepada peserta didik pada kelas 1.

Selengkapnya terkait KI KD SKI MI KMA 183 Terbaru, dalam artikel ini admin kamimadrasah.id telah menyiapkan file lengkap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI/KD) mata pelajaran SKI dalam format yang dapat dipergunakan dan dimanfaatkan oleh guru SKI MI untuk melengkapi perangkat pembelajarannya.

Download KI KD SKI MI KMA 183 Terbaru


Sebagaimana diuraikan diatas bahwa untuk menyusun perangkat pembelajan, guru harus mengacu pada KI dan KD yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, berikut adalah KI KD SKI MI KMA 183 Terbaru yang dapat di unduh pada tautan berikut:

  • KI KD SKI Kelas 3 MI KMA 183 Unduh
  • KI KD SKI Kelas 4 MI KMA 183 Unduh
  • KI KD SKI Kelas 5 MI KMA 183 Unduh
  • KI KD SKI Kelas 6 MI KMA 183 Unduh

Untuk Kumpulan KI KD jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) semua kelas, silahkan Bapak/Ibu dapat mengunduhnya disini: Unduh KI KD Lengkap.
Baca Juga:


Itulah tadi informasi yang dapat kamimadrasah.id bagikan terkait KI dan KD mata pelajaran SKI jenjang Madrasah Ibtidaiyah, semoga dapat membantu memudahkan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajarannya.