KI KD PAI dan Bahasa Arab MI (KMA 183) Terbaru

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) terbaru diatur dalam KMA 183 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab.

Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), KI - KD PAI meliputi KI-KD mata pelajaran Al-Quran Hadis, Fikih, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan KI-KD Bahasa Arab.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan Bahasa Arab MI sesuai KMA 183 memuat tentang Kompetensi-kompetensi yang menjadi landasan materi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang akan dipelajari.



KMA 183 mengatur tentang muatan kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI MTs dan MA yang harus dijadikan pedoman oleh tiap satuan pendidikan madrasah.

KI-KD PAI dan Bahasa Arab MI (KMA 183) Terbaru

KI-KD dalam KMA 183 harus diimplementasikan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, yang secara teknis harus dimuat dalam pembuat perencanaan pembelajaran (RPP) serta silabus.

Selengkapnya terkait Keputusan Menteri Agama Nomor 183 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, silahkan baca disini: KMA 183.

Komptensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) adalah Kompetensi yang akan dicapai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran dikelas. Sehingga kompetensi (KI-KD) merupakan muatan nilai-nilai berupa Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan.

Download KI-KD PAI dan Bahasa Arab MI (KMA 183) Terbaru


Berikut ini adalah Daftar KI-KD PAI dan Bahasa Arab MI Terbaru sesuai KMA 183 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab berbentuk Microsoft Word (Word), yang dapat Bapak/Ibu unduh melalui tautan-tautan berikut ini:


Untuk KI-KD PAI dan Bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) silahkan unduh disini:KI-KD PAI & Bahasa Arab MTs.

Selain KI-KD PAI dan Bahasa Arab diatas, Bapak/Ibu juga dapat mengunduh KKM, Prota dan Promes tingkat MI yang sudah disesuaikan dengan KMA 183 disini: KKM Prota Promes MI Sesuai KMA 183.

Demikianlah informasi tentang KI - KD PAI dan Bahasa Arab MI Terbaru Sesuai KMA 183, semoga dapat memberikan kemudahan bagi Bapak/Ibu Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menyusun RPP (Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran), semoga bermanfaat.

6 komentar

Silabusnya apa sudah ada Pak...🙏
Sungguh sangat membantu kami guru pemula dalam hal mempersiapkan perangkat pembelajaran d awal semester. Trimakasih...🙏

Minta KI-KD bahasa Arab dalam bentuk word

MIS Mathla'ul Huda:
https://kamimadrasah.blogspot.com/2021/12/ki-kd-bahasa-arab-mi-kma-183-format-word.html