Juknis PPG Prajabatan Kemenag 2023

Juknis PPG Prajabatan Kemenag 2023 mengatur terkait teknis penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan di lingkungan Kementeria Agama (Kemenag) RI.

Program studi PPG Prajabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D-IV non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan (SNP), sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional.

Juknis PPG Prajabatan Kemenag Tahun 2023

Program studi PPG ini diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan pendidikan seperti: low competence, under qualification, mismatched; dan tantangan pendidikan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan dinamika masyarakat; serta memenuhi kebutuhan guru di sekolah/madrasah secara nasional.

Program studi PPG diharapkan menghasilkan lulusan guru-guru profesional yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman.

Oleh sebab itu penyelenggaraan PPG mengunakan prinsip High Teach, High Touch, High Thought, dan High Tech (High Literate Civilization) untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjaga keseimbangan antara fisik dan spiritual.

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan ini memiliki arti penting, yakni:

  • Memenuhi akses pendidikan profesi guru,
  • Pemerataan guru,
  • Memenuhi kebutuhan guru profesional,
  • Membentuk karakter bangsa,
  • Guru sebagai agen pengembangan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa, dan
  • Peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah.

Penyelenggaraan PPG Prajabatan ini merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran di kampus/sekolah/madrasah dalam pembentukan profil calon guru yang unggul pada kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, sosial, dan kepemimpinan.

Untuk itu penyelenggaraan PPG Prajabatan memerlukan pedoman teknis operasional sebagai rujukan bagi Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Persyaratan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Kemenag


Adapun syarat calon mahasiswa Program PPG Prajabatan Kemenag adalah sebagai berikut.

  • Lulusan Program Sarjana dengan Program Studi terakreditasi minimal B (Baik Sekali);
  • Memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,00 (tiga koma nol);
  • Program studi S1 linier dengan bidang studi pada Program Studi PPG Prajabatan (lihat Tabel 3.1 dalam lampiran Juknis PPG Prajabatan);
  • Calon peserta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) dan sistem manajemen informasi yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama bagi lulusan Ma’had Aly;
  • Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yangberwenang (dibawa pada saat lapor diri);
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumahsakit pemerintah/puskesmas (dibawa pada saat lapor diri);
  • Berkelakuan baik dengan melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan dibawa pada saat lapor diri;

Download Juknis PPG Prajabatan Kemenag 2023


Berikut ini admin kamimadrasah.id lampirkan petunjuk teknis (Juknis) PPG Prajabatan Kemenag 2023 yang dapat diunduh pada tautan berikut ini: Unduh File.

Juknis PPG Prajabatan Kemenag 2023 ini disusun sebagai acuan dalam penyelenggaraan PPG Prajabatan mulai dari pendahuluan, pelaksanaan, penerimaan mahasiswa, kurikulum, pembelajaran, penyelenggara, sistem pembiayaan dan penjaminan mutu.

Aturan terkait pelaksanaan teknis lainnya diatur lebih lanjut secara terpisah oleh Direktur Jenderal terkait.