Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi untuk jenjang PAUD (TK/RA/KB), SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka merupakan penjabaran dari elemen-elemen utama yang menjadi tujuan dari akhir pembelajaran dengan menerapkan kurikulum merdeka.

Capaian pembelajaran merupakan kemampuan siswa yang diperoleh melalui penggabungan/integrasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja setelah pembelajaran merdeka.


Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi

Istilah capaian pembelajaran merupakan istilah baru yang dipakai dalam kurikulum merdeka, pada K13 capaian pembelajaran merupakan istilah untuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Tetapi capaian pembelajaran dan kompetensi keduanya memeliki pengertian yang berbeda dari segi ruang lingkup pendekatan diantara keduanya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa capaian pembelajaran menjadi kompetensi yang harus dicapai oleh murid di akhir pembelajarannya.

Baca Juga: Struktur Kurikulum Merdeka MTs Sesuai KMA 347 Tahun 2022

Fungsi Capaian pembelajaran adalah untuk menentukan kerangka kualifikasi, menetapkan standar kualifikasi, menjelaskan program dan kursus, mengarahkan kurikulum, dan menentukan spesifikasi penilaian/asesmen.

Baca Juga: Struktur Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah Sesuai KMA 347 Tahun 2022

Capaian pembelajaran dirumuskan tiap fase, hal tersebut karena untuk membedakan kelas satu dengan kelas lainnya, karena siswa di satu kelas yang sama bisa jadi belajar dalam fase pembelajaran yang berbeda.

Download Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK Revisi


Format Capaian Pembelajaran ditulis dalam paragraf, sehingga keterkaitan antara pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi umum terlihat jelas dan utuh sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam pembelajaran dan menggambarkan apa yang akan dicapai siswa didik di akhir pembelajaran.

Unduh Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK Revisi 2022 sebagaimana SK BSKAP Tahun 2022 disini: Unduh File.

Unduh Juga: Buku Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD Terbaru

Capaian Pembelajaran (CP) Revisi menjadi acuan dalam penerapan kurikulum merdeka pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.

Demikianlah informasi tentang Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi, semoga bermanfaat.
Kami_Madrasah