Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019

Template Emis Madrasah Tahun 2019 hadir dengan beberapa kebijakan baru terkait data siswa madrasah yang harus di inputkan oleh Operator Madrasah. Kebijakan tersebut antara lain adalah penggunaan template yang hanya diperuntukkan untuk melengkapi data tetapi bukan untuk menambahkan data pokok siswa seperti nama siswa.

Sebelum mengisi template Emis Madrasah terbaru tahun 2019, perlu diketahui beberapa hal terkait template pada aplikasi Emis Madrasah, antara lain:

  1. Template hanya dipergunakan untuk melengkapi data siswa bukan menambahkan siswa (untuk tingkat MI, MTs dan MA) kecuali RA.
  2. Dilarang merubah data (menambah dan/atau mengurangi) pada kolom A-F yakni kolom NPSN, Kode Siswa, Kode Sekolah (kode unik), Nama siswa, kelas.
  3. Isi kolom sesuai petunjuk pengisian.
  4. Dilarang menambahkan data Tempat Tinggal melalui template.
  5. Dilarang menambahkan/menyisipkan kolom Tempat Tinggal pada template.
  6. Baris data dimulai dari Baris ke-2.

Untuk memudahkan dalam pengisian data siswa guna melengkapi data siswa pada template Emis Madrasah berupa file format CSV.  File Comma Separated Values ​​(CSV) adalah file teks biasa yang berisi daftar data.

File ini juga biasa disebut Character Separated Values ​​atau Comma Delimited files. CSV kebanyakan menggunakan karakter koma untuk memisahkan (atau membatasi) data.

Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019

Download Petunjuk Pengisian Template Emis Madrasah


Bapak/Ibu Operator Madrasah, berikut adalah panduan pengisian template Emis Madrasah yang dapat diunduh melalui tautan berikut ini: Unduh File.

Silahkan dibaca dan dipahami terlebih dahulu petunjuk pengisian tiap kolom isian pada template emis madrasah tersebut sebelum menerapkan tutorial pengisian berikut ini untuk menghindari kesalahan input data.

Cara Mengisi Template Emis Madrasah


Untuk dapat mengisi template Emis Madrasah yang berupa file CSV Bapak/Ibu dapat menggunakan fasilitas yang diberikan oleh google berupa Google Spreadshet.

Dengan menggunakan fitur Spreadsheet ini, template Emis dapat diisi secara online dan memudahkan  dalam pengisiannya karena file template yang berupa file csv terpisahkan antar kolom dengan sebuah cell. Karena Template Emis yang berupa file csv jika langsung dibuka di notepate atau excel hanya dipisahkan dengan tanda koma.

Tentu saja hal itu akan membingungkan untuk diisi, oleh karena itu, menggunakan fitur spreedsheet ini akan memudahkan "dalam mengisi dan kemudian menyimpan kembali dalam bentuk CSV".

Cara Upload dan Mengisi Template Emis di Google Spreadsheet


Langsung saja, Bapak/Ibu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buku Google Spreadsheet dengan browser Google Chrome atau Mozila Firefox atau klik tautan berikut Google Spreadsheet.
2. Pilih dan klik Buka Google Spreadsheet
Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019
Pilih Buka Google Spreadsheet
3. Masukkan Akun Gmail Bapak/Ibu.
2. Upload template Emis yang sudah di unduh ke Spreadsheet dengan cara klik Gambar Folder > Buka File Pilih Upload File dari Perangkat > Dan terakhir klik Buka (lihat gambar berikut)
Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019
Upload Template Emis Madrasah untuk di isi di Google Spreadsheet

3.  Setelah Template Emis terupload, isi kolom template sesuai data siswa hingga selesai KECUALI Kolom Kode Sekolah dan Kode Siswa yang tidak diperbolehkan untuk dirubah.
Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019
Perhatian! Kolom kode sekolah dan kode siswa tidak boleh dirubah


Cara Download Template Emis yang sudah di isi di Google Spreadsheet


Setelah semua data sudah terinputkan, Template harus di Download dengan format CSV kembali agar dapat diupload ke Akun Emis Madrasah. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih File di Pojok kanan atas
2. Klik Download dan Pilih Nilai yang dipisahkan koma (.csv,sheet saat ini) atau silahkan lihat gambar berikut.
Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019
Download template emis madrasah yang telah di isi

Setelah proses mengisi dan mendownload file template emis madrasah sudah selesai, maka langkah terakhir adalah mengupload kembali ke Akun Emis Madrasah sesuai template yang sudah diisi.

Proses atau langkah dalam tutorial ini berlaku bagi semua jenis template emis madrasah seperti Template UN Jenjang Sebelumnya, Informasi Orang Tua, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Cara Pengisian Template Emis Madrasah Terbaru 2019, semoga bermanfaat.
Kami_Madrasah

2 komentar

Kasih tau jug donkk petunjuk complate cara pensisian semua template,NIK , Tempat Tinggal,Informasi Ortu, Alamat ortu dll . kan ada tu yang mana bisa di isi dan yg mana yang tidak bisa di isi

Untuk mana yg bisa di isi, dan mana yang tidak, silahkan unduh petunjuknya pada link yg tersedia.