Contoh SK TIM Pengembang Madrasah Terbaru

SK TIM Pengembang Madrasah terbaru merupakan dokumen legalitas kerja Tim yang dibentuk oleh Kepala Madrasah yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk pengembangan serta penyusunan kurikulum untuk proses pembelajaran di satuan pendidikan Madrasah.

Pembentukan Tim pengembang Madrasah bertujuan meningkatkan kualitas kinerja dan pengembangan Madrasah, sehingga perlu ditetapkan Tim Pengembang Madrasah, hal tersebut bertujuan untuk menjamin terjadinya peningkatan kualitas kinerja dan perkembangan kearah positif di Madrasah.

Maka untuk menjamin terjadinya peningkatan kualitas madrasah, perlu dirancang dan ditata pelaksanannya oleh Tim pengembang Madrasah.

Selain itu, tugas Tim Pengembang Madrasah yakni menjamin tersusunnya dokumen Rencana Kerja Madrasah (RKM) baik jangka pendek maupun jangka panjang yang partisipatif, transparansi dan akuntable.

Contoh SK TIM Pengembang Madrasah Terbaru 2024

Pembentukan Tim Pengembang Madrasah merupakan tuntutan untuk menjamin mutu pendidikan dalam kontek Manajemen Berbasis Madrasah, dengan mengimplementasikan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Monitoring Madrasah yang telah disusun baik di tingkat Madrasah dan/atau tingkat Kab/Kota.

Secara legalitas, Pembentukan Tim Pengembang Madrasah harus juga disertai dengan Surat Keputusan (SK) yang diberikan oleh Kepala Madrasah yang memuat tugas dan fungsi Tim pengembang Madrasah, sehingga operasionalnya dapat diberikan dari anggaaran Madrasah.

Baca Juga: SK Penetapan Kurikulum Oleh Kepala Madrasah

Adapun tugas-tugas dan fungsi Tim Pengembang Madrasah antara lain adalah sebagai berikut;

  • Mempersiapkan dan mengidentifikasi kondisi Madrasah (kebutuhan dan peluang) saat ini yang berbasis pada Standar Nasional Pendidikan serta mengumpulkan bukti fisiknya sesuai dengan perkembangan zaman.
  • Mengevaluasi, menganalisis dan merumuskan harapan dan peluang Madrasah berbasis pada Standar Nasional Pendidikan.
  • Menetapkan alternatif kebijakan sebagai kebutuhan Madrasah yang dituangkan ke dalam RKM, RKTM dan RKAM secara partisipatif, transparansi dan akuntabel.

Download Contoh SK TIM Pengembang Madrasah


Format SK Tim Pengembang terbaru dapat berbeda antara satu madrasah dengan madrasah yang lainnya, sehingga antar madrasah format SK Tim pengembang Madrasah dapat berbeda-beda.

Bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan contoh format SK TIM Pengembang Madrasah, berikut ini adalah contoh SK Tim pengembang Madrasah yang dapat dijadikan contoh bagi madrasah dalam membuat SK Tim pengembang Madrasah, Silahkan unduh disini: SK Tim Pengembang Madrasah.

Baca Juga: Contoh SK Tim Penyusun EDM Madrasah Update

Format SK Tim pengembang madrasah diatas adalah contoh yang dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan madrasah.

Sekian informasi tentang Contoh SK TIM Pengembang Madrasah terbaru, semoga dapat memberikan guna dan manfaat untuk seluruh bapak/ibu kepala madrasah yang akan membentuk tim pengembang Madrasah.
Kami_Madrasah