Hadits Tentang Tujuan Pendidikan

Hadits Tentang Tujuan Pendidikan

Hadits Pokok tentang Tujuan Pendidikan


Abu Huroiroh berkata: Rosulullah bersabda: ketika anak Adam mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu: shodakoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendo’akan orang tuanya (Hadits Riwayat Muslim) (dikutip dari kitab Riyadhus sholihin Bab ilmu halaman 530).

Hadits Pendukung tentang Tujuan Pendidikan


1. Empat Perkara Pahalanya Mengalir Sampai Mati

Empat perkara yang pahalanya akan tetap mengalir sesudah manusia mati, yaitu: 
  • Orang yang mati yang mengikatkan dirinya (mengabdikan dirinya) dijalan Alloh;
  • Orang yang mengajarkan ilmu dan melaksanakan ilmu yang dimilikinya;
  • Orang yang bershodakoh maka pahalanya akan tetap mengalir;
  • Dan seorang laki-laki yang meninggalkan anak yang sholih dan anak tersebut mendo’akannya

Diriwayatkan oleh At-Thobroni dari Abi Umamah, dari kitab Mukhtarul Ahadits, hal. 22 Cet Pertama: Al-Haromain

Hadits tujuan pendidikan diatas berbeda secara lafdzi dan isi dengan hadits pokok tentang tujuan pendidikan diatas, dan juga berbeda dalam redaksi riwayatnya, namun urgensi pembahasannya sama, yakni tetapnya amal yang pahalanya akan tetap mengalir hingga ia mati.

Dan perbedaannya, dalam hadits tujuan pendidikan ini termasuk pahala yang terus mengalir ialah orang yang meninggal dalam pengabdiannya dijalan Alloh.

Sehingga tujuan pendidikan sebagaimana hadits diatas ialah membentuk peserta didik yang dapat memberikan manfaat kepada sesama terutama kepala dirinya sendiri hingga ia mati.

Itulah tujuan pendidikan yang sangat penting dan menjadi tujuan utama dalam setiap proses pembelajaran yang dijalani.  

2. Perbuatan Seorang Anak Berpengaruh Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Dari Sufyan yang diperolehnya dari orang yang mendengar dari Anas Bin Malik Ra ia berkata, Rosulullah bersabda:

"sesunggunhya amal perbuatan orang yang masih hidup akan memperlihatkan kepada saudara dan bapaknya dari orang-orang yang telah meninggal, apabila yang dikerjakan baik maka oleh Alloh Saudara dan bapaknya yang telah meninggal diberikan nikmat oleh Alloh dan memberikan kesenangan kepada mereka semua, dan jika sebaliknya, mereka akan berkata “wahai tuhanku, janganlah dicabut nyawa mereka (yang masih hidup) sampai engkau memberi mereka hidayah”

Nabi bersabda bahwasannya seorang mayit itu disiksa didalam kuburnya, seperti ketika ia disiksa (disakiti) diwaktu ia masih hidup. (Dari kitab Mawa’idhul Usfuriyah hal. 14 hadits ke 15: Al-Hidayah Surabaya)

Pada hadits tujuan pendidikan diatas, dijelaskan bahwasannya termasuk amal yang akan terus dibawa sampai mati ialah anak yang sholeh yang mendo’akn orang tuanya.

Kemudian pada hadits tujuan  pendidikan ini, mendukung hadits pokok tersebut, bahwasanya pada hadits ini dijelaskan ketika seorang melakukan perbuatan baik ketika masih hidup, maka orang tua dan saudara-saudaranya yang telah meninggalkan akan mendapatkan hasil dari amal perbuatannya yakni akan diberikan nikmat dan kesenangan di akhirat.

Oleh karenanya bukan hanya do’a dari seorang anak yang akan membawa kenikmatan bagi orang tuanya dialam kubur, namun juga segala perbuatan yang baik.

Perintah Mendidik Anak

Didiklah anak-anak kalian semua tentang tiga hal: cinta kepada Nabinya, cinta terhadap keluarganya, dan membaca Al-Qur’an. Karena sesungguhnya membaca Al-Qur’an itu sebagian dari perlindungan Alloh pada hari dimana tiada perlindungan kecuali perlindunganNya beserta NabiNya, dan para Sahabat-sahabatNya. (Abu Nasr Abdul Karim Asy-Syairozi didalam kitab Fawaidnya, (فر) Addailami didalam Musnadnya yaitu Al-Firdaus. dan Ibnu Al-Bukhori dari Ali).

Dari hadits tentang tujuan pendidikan diatas dapat ditarik beberapa kesimpulan, bahwa tujuan pendidikan antara lain ialah:
  • Seorang pendidik bukan hanya guru namun juga orang tua, bahkan orang tua ialah pendidik pertama kalinya, orang tua wajib mendidik anak-anaknya tentang segala hal yang baik, diantaranya mencintai Nabinya, keluarganya dan membaca Al-Qur’an.
  • Perbuatan seorang anak, dapat berakibat terhadap orang tuanya yang sudah meninggal.
  • Sekolah mempunyai tujuan dalam mendidik para peserta didik, diantaranya ialah; (a) Menjadikan peserta didik menjadi orang yang sholih, (b) Keseimbangan duniawi dan ukhrowi. Artinya peserta didik tidak hanya dibekali keterampilan untuk kesejahteraanya di dunia, namun akhlak yang baik untuk kehidupan ukhrowinya.

DAFTAR PUSTAKA
  • Syeh Islam Muhyiddin. Tt. Riyadhus Sholihin. Surabaya: Al-Hidayah
  • Jalaluddin Abdirrahman. Tt. Al-Jami’us Shoghir. Darul Kutub An-Nafidah
  • Muhammad Ibnu Abi Bakar. Tt. Mawa’idhul Usfuriyah. Surabaya: Al-Hidayah
  • Syeh Ahmad Al-Hasyimi. Tt. Mukhtarul Ahadits. Surabaya: Al-Haromain