Panduan Pengisian LPJ BOS Madrasah Tahun 2021

LPJ BOS Madrasah merupakan dokumen pertanggungjawaban penggunaan dana BOS yang harus diupload oleh Madrasah Non sasaran e-RKAM di Portal BOS Kemenag sebagai persayaratan pencairan BOS Madrasah Tahap 2 Tahun 2021.


Bagi Madrasah yang menjadi sasaran e-RKAM, pengisian LPJ BOS madrasah melalui aplikasi e-RKAM karena aplikasi ini telah terintegrasi dengan Portal BOS Kemenag dan tidak boleh membuat LPJ secara manual.

Berbeda halnya dengan madrasah yang tidak menjadi sasaran e RKAM, Laporan pertanggungjawaban (LPJ) BOS dilakukan secara manual dan kemudian diupload kedalam portal BOS.

LPJ BOS Madrasah Tahun 2021

Untuk dapat mengupload LPJ BOS madrasah, penyerapan dana BOS harus sudah mencapai 80% dari dana yang diterima sesuai SK penerimaan dana BOS dari Kemenag. Sehingga bagi madrasah yang penyerapan dana BOS belum mencapai 80%, diharapkan dapat segera menyerap dana yang ada agar dapat mengupload LPJ BOS sebagai persyaratan pencairan selanjutnya.

Terdapat 4 Jenis dokumen yang harus diisi dan kemudian diupload kedalam Portal BOS Kemenag oleh Madrasah, keempat dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

  • LPJ BOS Madrasah Tahap 1 Tahun Anggaran 2021
  • Surat Permohonan Pencairan BOS Tahap 2 Tahun Anggaran 2021
  • Surat Pertanggungjawaban Belanja (SPTJB)
  • Kuitansi Penerimaan Dana BOS Madrasah


Setelah mengupload 4 dokumen tersebut, madrasah baru dapat mencetak Bukti Upload dari Portal BOS yang nantinya menjadi persyaratan pencairan pertama dana BOS Madrasah ke Bank Penyalur (BRI, BNI, dan BSI).

Terkait pencairan dana BOS Madrasah Tahap 2 Tahun 2021, terdapat hal-hal penting yang harus diketahui oleh Madrasah adalah sebagai berikut:

  • Kosongkan tanggal Kuitansi pada Lembar dokumen Kuitansi Penerimaan Dana BOS Tahap II.
  • Upload berkas LPJ dan Persyaratan Pencairan Dana BOS Tahap II akan ditutup pada tanggal 10 Juli 2021 Pukul 24.00 WIB.
  • Print bukti upload dilakukan setelah proses pemindahbukuan dana selesai. Menunggu informasi lebih lanjut.

Download Contoh LPJ BOS Dan Dokumen Simulasi BOS Madrasah Tahun 2021


Bagi Bapak/Ibu yang masih terkendala dalam pengisian berkas pencairan BOS Madrasah Tahap 2 termasuk cara pengisian LPJ BOS Madrasah Tahap 1 Tahun 2021. silahkan Bapak/Ibu dapat mengunduh dokumen Simulasi Pengisian LPJ BOS Madrasah Tahun 2021 berikut ini: Unduh File.

Contoh LPJ BOS Madrasah Tahap 1 Tahun 2021 beserta penjelasannya unduh disini: Contoh LPJ BOS. Sedang Surat Edaran (SE) terkait tata cara dan mekanisme pencairan dana BOS Madrasah Tahap 2 Tahun 2021, silahkan unduh Disini.


Demikian infromasi tentang Simulasi Pengisian LPJ BOS Madrasah Tahun 2021, semoga dapat bermanfaat.