Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun 2024

Juknis penulisan blanko ijazah madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 secara resmi telah diterbitkan untuk dapat dijadikan pedoman oleh madrasah dalam penulisan serta pengisian blanko Ijazah madrasah 2024.

Petunjuk Teknis ini secara resmi telah diterbitkan melalui Surat Edaran Direktur KSKK Madrasah Nomor B-8/Dt.I.I/PP.00/04/2024 tertanggal 19 April 2024.


Dalam petunjuk teknis (juknis) penulisan blanko Ijazah Madrasah Tahun 2024 tersebut dijelaskan beberapa hal terkait kelulusan siswa madrasah, antara lain sebagai berikut.

Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun 2024

Ketentuan Kelulusan Siswa Madrasah


Tanggal kelulusan siswa madrasah ditentukan melalui Keputusan DIrjen Pendis Kemenag Nomor 1921 Tahun 2024 tentang Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah 2024 sebagai berikut:

  • Madrasah menetapkan kelulusan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Madrasah menetapkan kelulusan peserta didik dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Kelulusan jenjangMA/MAK ditetapkan pada tanggal 6 Mei 2024
  2. Kelulusan jenjang MTs ditetapkan pada tanggal 10 Juni 2024
  3. Kelulusan jenjang MI ditetapkan pada tanggal 10 Juni 2024
  4. Kelulusan jenjang RA ditetapkan pada tanggal 10 Juni 2024
  • Kelulusan peserta didik dituangkan dalam bentuk: a) Surat keterangan lulus; dan b) Ijazah, yang ditandatangani oleh kepala Madrasah.
  • Surat keterangan lulus diterbitkan pada tanggal penetapan kelulusan peserta didik.
  • Surat keterangan lulus bersifat sementara sampai dengan diterimanya ijazah oleh peserta didik.
  • Surat keterangan lulus memuat identitas peserta didik dan nilai ratarata peserta didik yang sama dengan nilai yang akan ditulis pada blangko Ijazah.


Unduh Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun 2024


Secara lengkap terkait teknis dalam penulisan dan pengisian blanko ijazah pada satuan pendidikan madrasah dapat dibaca secara rinci dalam petunjuk teknis yang dapat diunduh dalam tautan berikut ini: Unduh File.


Petunjuk teknis penulisan blanko ijazah ini diterbitkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan serta membuat aktivitas penulisan ijazah madrasah 2024 dapat lebih efektif dan efisien.

Demikianlah informasi tentang Juknis Penulisan Blanko Ijazah Madrasah Tahun 2024, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.