Format Baru Bidang Lomba KSM Tahun 2024

Kementerian Agama akan kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada 2024 dengan Maluku Utara sebagai penyelenggara KSM tingkat Nasional.

KSM rutin dilaksanakan sebagai ajang bagi siswa madrasah untuk berprestasi dalam ajang sains.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024 berbeda dengan tahun sebelumnya. KSM Kemenag 2024 menyajikan format lomba yang berbeda, terdapat format baru dalam pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024 yaitu sistem seleksi yang proporsional (merit-based) dan membagi lomba menjadi dua kategori yaitu Individu dan Beregu.


Namun hingga tulisan ini diterbitkan, Direktorat KSKK Madrasah belum menerbitkan Petujuk Teknis (Juknis) KSM Kemenag Tahun 2024. Sehingga perlu ditunggu ketentuan secara rinci terkait pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah serta jadwal pelaksanaan KSM Kemenag tahun 2024.

KSM Kemenag dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari KSM tingkat madrasah, KSM tingkat Kab/Kota, dan KSM tingkat Provinsi, hingga nanti pemenang ditingkat provinsi akan mengikuti KSM Nasional di Maluku Utara.

Format Baru Bidang Lomba KSM Tahun 2024


Pelaksanaan kompetisi sains madrasah (KSM) di Tahun 2024 ini sebagaimana mengutip laman pendis.kemenag.go.id bahwa ada berbagai cabang lomba sains yang akan diuji yaitu sebagai berikut:

Bidang Lomba KSM 2024 Jenjang MI

  1. Matematika Terintegrasi (Individu)
  2. IPAS Terintegrasi (Individu)
  3. Sosial Sains Terpadu (Matematika dan IPAS) - (Beregu).

Bidang Lomba KSM 2024 Jenjang MTs

  1. Matematika Terintegrasi (Individu)
  2. IPA Terintegrasi (Individu)
  3. IPS Terintegrasi (Individu)
  4. Sosial Sains Terpadu (Matematika, IPA dan IPS) - (Beregu).

Bidang Lomba KSM 2024 Jenjang MA

  1. Matematika Terintegrasi (Individu)
  2. Biologi Terintegrasi (Individu)
  3. Fisika Terintegrasi (Individu)
  4. Kimia Terintegrasi (Individu)
  5. Ekonomi Terintegrasi (Individu)
  6. Geografi Terintegrasi (Individu)
  7. Bidang lomba beregu Sosial Sains Terpadu (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, ekonomi).
Format Baru Bidang Lomba KSM Tahun 2024
Infografis Bidang Lomba KSM 2024
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 merupakan ajang untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) siswa madrasah yang memiliki kemampuan dalam menggunakan intangible assets yaitu pengetahuan, kompetensi belajar dan jaringan agar dapat memasuki dan memenangkan persaingan global.

Dengan adanya fromat baru dalam bidang lomba KSM 2024 ini diharapkan dapat menjadikan KSM lebih semarak serta bervariasi dalam bidang yang di lombakan, sehingga dapat menumbuhkan kompetisi yang kmpetititif diatara siswa madrasah.