Instrumen EDM (Evaluasi DIri Madrasah) Terbaru

Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah) Terbaru masih mengacu pada instrumen Evaluasi Diri Madrasah tahun sebelumnya. Hal tersebut karena instrumen EDM belum mengalami perubahan jika dibandingkan dengan sebelumnya.


Instrumen EDM atau Evaluasi Diri Madrasah terdiri dari 5 bagian sesuai dengan 5 aspek budaya yang diharapkan dapat mempengaruhi kinerja mutu madrasah. Secara lengkap bentuk instrumen EDM disajikan di akhir artikel ini.

Evaluasi Diri Madrasah atau EDM merupakan langkah pertama sebelum menentukan kegiatan yang akan dilakukan oleh madrasah beserta menentukan anggarannya. Sehingga EDM ini sangat penting untuk diisi serta di implementasikan secara jujur dan terbuka oleh seluruh warga madrasah.

Instrumen EDM (Evaluasi DIri Madrasah) Terbaru

Dengan pengisian EDM oleh Tim Penjamin Mutu Madrasah secara jujur dan terbuka, akan diketahui kekurangan serta kelebihan yang dimiliki satuan pendidikan madrasah. Dengan begitu, akan dengan mudah ditentukan langkah-langkah konkrit kedepan terkait apa yang harus dilakukan? Apa yang dibutuhkan? Berapa biaya atau anggarannya? Dan lain sebagainya.

Baca Juga: SK Tim Penyusun Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Terbaru

Struktur Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah)


Struktur Instrumen EDM terdiri dari beberapa aspek berikut ini:

  • setiap aspek terdiri dari beberapa indikator;
  • setiap indikator terdiri dari 4 tingkat pencapaian kinerja: tingkat 1 (kurang), tingkat 2 (sedang), tingkat 3 (baik), dan tingkat 4 (amat baik);
  • tiap tingkat pencapaian kinerja dicirikan oleh penciri kinerja, yang dapat berbentuk kuantitatif dan/atau kualitatif;
  • tiap indikator EDM terdapat bukti fisik sebagai bukti pendukung atas pemilihan tingkat pencapaian indikator disimpan/dikirim dalam sistem Evaluasi Diri Madrasah;
  • setiap indikator, terdapat bagian diskripsi hasil penilaian TPM yang diperoleh berdasarkan bukti fisik, data, fakta, wawancara atau observasi, serta ;
  • tiap indikator EDM terdapat bagian untuk memberikan tingkat pencapaian kinerja di setiap indikatornya;

Instrumen EDM; Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah


Instrumen Evaluasi Diri Madrasah dalam aspek kedisiplinan warga madrasah ini terdiri dari 7 (tujuh) komponen. Komponen EDM tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Apakah seluruh guru hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan (kaldik) madrasah berdasarkan kurikulum nasional?
  2. Apakah seluruh  guru mengajar di kelas sesuai jadwal mata pelajaran yang ditetapkan?
  3. Apakah kepala madrasah (Kamad) melakukan supervisi secara rutin terhadap proses pembelajaran semua guru?
  4. Apakah seluruh  siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan?
  5. Apakah peserta didik aktif membaca/meminjam buku yang tersedia dalam perpustakaan?
  6. Apakah Madrasah melakukan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan?
  7. Apakah Madrasah rutin melaksanakan pertemuan dengan GTK untuk melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)?

Instrumen EDM; Aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan


Instrumen Evaluasi Diri Madrasah dalam aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan ini terdiri dari 6 (enam) komponen pertanyaan. Komponen EDM Aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Apakah Kepala aktif mengikuti pelatihan/kegiatan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kapasitas sebagai kepala madrasah?
  2. Apakah Semua aktif mengikuti KKG/MGMP?
  3. Apakah guru aktif mengikuti kegiatan seperti pelatihan/workshop untuk meningkatkan kompetensinya?
  4. Apakah kepala tenaga administrasi (untuk MTs dan MA)/ tenaga administrasi (untuk MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan?
  5. Apakah tenaga laboran aktif mengikuti kegiatan seperti pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?
  6. Apakah kepala tenaga perpustakaan/tenaga perpustakaan aktif mengikuti kegiatan seperti pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensinya?

Instrumen EDM; Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran


Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran dalam Evaluasi Diri Madrasah (EDM) tahun 2023 memiliki 7 (tujuh) komponen pertanyaan evaluasi yang harus secara jujur dijawab oleh satuan madrasah. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Apakah semua guru Guru mengembangkan RPP yang diampunya?
  2. Apakah guru memakai metode pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran?
  3. Apakah guru memakai media pembelajaran yang sesuai karakter peserta didik dan mapel?
  4. Apakah guru memakai penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran?
  5. Apakah guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa?
  6. Apakah guru memanfaatkan hasil penilaian sebagai perencanaan program remedial, pengayaan serta perbaikan kegiatan pembelajaran?
  7. Apakah madrasah melaksanakan kegiatan remedial atau pengayakan secara rutin?

Instrumen EDM; Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran


Dalam Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran, EDM memiliki 4 komponen pertanyaan yang harus dijawab dan dilampiri bukti fisik oleh satuan pendidikan madrasah. Kelima komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Apakah madrasah telah menyusun RKAM dalam e-RKAM?
  2. Apakah Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi GTK yang mengikuti pelatihan?
  3. Apakah Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup bagi GTK yang mengikuti pelatihan?
  4. Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua peserta didik dan Kantor Kemenag Kab/Kota?

Download Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah) Kemenag


Silahkan unduh Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah) untuk mepersiapkan bukti fisik serta melakukan evaluasi pengisian EDM secara offline sebelum nantinya mengisi seluruh instrument evaluasi diri madrasah secara online.

Baca Juga: Bukti Fisik Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Lengkap

Dengan adanya Instrumen EDM ini diharapkan, seluruh warga madrasah dapat ikut serta melakukan evaluasi diri secara mandiri bersama dengan kepala madrasah tentang kondisi nyata madrasah saat ini. Sehingga nantinya dalam pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM), seluruh pihak dapat secara terbuka dan jujur.

Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah) dapat Bapak/Ibu unduh disini: Unduh File Instrumen, atau dapat langsung diunduh di laman resmi EDM disini: Unduh File.

Itulah tadi infromasi terkait Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah) Terbaru, semoga dapat memberikan gambaran kepada madrasah sebelum mengerjakan aplikasi EDM secara online.