Cara Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag

Cara Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag dapat dilakukan oleh oprator madrasah melalui fitur baru Pengajuan Siswa ke Pangkalan Data Ujian Madrasah yang saat ini sudah muncul di laman pdum.kemenag.go.id, namun belum dibuka oleh pihak pengelola pusat.

Untuk dapat melakukan mengajukan siswa kedalam laman PDUM, perlu menunggu informasi selanjutnya dari pihak pengelola pusat.

Oleh karena itu, setidaknya madrasah dapat mempersiapkan data siswa yang akan diajukan untuk dimasukkan kedalam pangkalan data ujian madrasah atau PDUM.


Cara Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag

Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah atau PDUM merupakan aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Agama untuk pendataan siswa peserta ujian madrasah yang nantinya sebagai pemetaan kebutuhan distribusi dan pencetakan blanko Ijazah.

Sehingga validitas data yang diinputkan kedalam aplikasi PDUM Kemenag ini nantinya akan mempengaruhi alokasi blanko Ijazah yang akan di dapatkan oleh tiap-tiap madrasah. Oleh karena itu, operator madrasah perlu memastikan seluruh siswa telah terinputkan atau berhasil ditarik dari Emis ke PDUM.

Namun terkadang dalam proses penarikan data dari Emis ke PDUM Kemenag terdapat kendala-kendala sehingga tidak seluruh siswa masuk ke aplikasi pangkalan data ujian madrasah. Nah, fitur baru Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag ini disediakan untuk siswa yang gagal atau belum masuk ke PDUM tetapi aktif di madrasah (emis) dan telah memiliki NISN.

Adapun syarat Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag oleh operator madrasah adalah sebagai berikut:

  • Siswa aktif di madrasah
  • Siswa memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Langkah Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag


Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh operator madrasah untuk mengajukan siswa agar dimasukkan ke dalam laman PDUM Kemenag.
  1. Login Aplikasi PDUM Kemenag atau silahkan baca Cara Login Aplikasi PDUM Kemenag Terbaru
  2. Klik Fitur Ajuan Siswa
  3. Terdapat 2 (dua) tombol ajuan yakni “Ajukan Alumni” dan “Ajukan Siswa”, silahkan klik ajukan siswa.
  4. Lalu akan muncul form untuk memasukkan NISN siswa, silahkan inputkan NISN siswa lalu klik Check.
    Cara Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag
    Inputkan NISN Siswa

  5. Setelah data muncul dan sesuai dengan data siswa yang akan diajukan, silahkan klik Ajukan.

Baca Juga: Langkah Pengisian PDUM Kemenag Terbaru

Dalam tahap ini, proses Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag telah selesai, operator hanya perlu menunggu approval dari admin Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) pusat.

Itulah tadi tutorial tentang Cara Pengajuan Siswa Belum Masuk PDUM Kemenag, operator madrasah perlu hati-hati dan teliti dalam proses ini agar tidak terjadi kesalahan.