Cara Login Aplikasi PDUM Kemenag Terbaru

Cara Login ke Aplikasi PDUM Kemenag Terbaru dapat menggunakan 2 cara, yakni pertama dengan cama memasukkan username dan password login dan menggunakan akun Emis Madrasah.

Dari cara login ke PDUM Kemenag diatas, login menggunakan akun Emis merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan oleh operator madrasah.

Pangkalan data Ujian Madrasah (PDUM) menjadi basis data peserta didik dan madrasah dalam pelaksanaan Ujian bagi siswa pada jenjang akhir di tingkat MI, MTs, MA dan MAK.

Melalui Surat Edaran Direktorat KSKK madrasah tertanggal 07 November 2023, diberitahukan bahwa pendataan siswa peserta ujian Tahun 2023-2024 dan perhitungan kebutuhan Blanko Ijazah melalui aplikasi PDUM kemenag dimulai pada 10 November 2023 - 10 Januari 2024.

Silahkan unduh SE Pendataan Peserta Ujian Madrasah dan Kebutuhan Blanko Ijazah Tahun 2023 disini.

PDUM wajib di isi oleh setiap madrasah baik yang sudah terakreditasi ataupun belum terakreditasi dan melaksanakan Ujian Madrasah (UM) secara mandiri maupun menumpang sebagai pemetaan kebutuhan blanko Ijazah tahun 2023-2024 serta pendataan bagi peserta ujian.

Oleh sebab itu, madrasah dapat mulai mengakses PDUM dan mulai melakukan verifikasi dan validasi data identitas peserta didik kelas akhir.

Selain sebagai pendataan peserta ujian madrasah Tahun 2023-2024, PDUM juga di pergunakan untuk mencetak kartu Ujian Madrasah (UM) dan juga sebagai dasar dalam penerbitan Ijazah Tahun 2023-2024.

Cara Login Aplikasi PDUM Terbaru

Sesuai dengan edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama tentang pendataan siswa kelas akhir pada Aplikasi PDUM, oleh karena itu untuk semua operator madrasah agar segera menvalidkan data siswa tingkat akhir di Emis Madrasah dan melakukan sinkronisasi data siswa pada aplikasi PDUM.

Data peserta didik kelas akhir yang masuk di PDUM akan menjadi rujukan perhitungan kebutuhan blangko ijazah Tahun 2023-2024.

Baca Juga:

Cara Login Aplikasi PDUM Kemenag Terbaru


Cara login ke dalam Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) Kemenag terbaru, madrasah dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan akses laman PDUM disini pdum.kemenag.go.id
2. Kemudian akan terbuka beranda PDUM, lalu masukkan username dan password berikut ini:
  • Username: NSM (Nomor Statistik Madrasah)
  • Password: NPSN sesuai dengan NPSN yang tercatat di Emis 4.0

Atau

  • Username: sama dengan Emis
  • Password: sama dengan Emis

Setelah berhasil login ke dalam aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM), operator madrasah dapat mulai melakukan 5 prosedur pendataan sebagai berikut:

  1. Melengkapi data lembaga. Isi nama dan nip kepala madrasah. Apabila madrasah belum terakreditasi, maka tentukan madrasah pelaksana.
  2. Melakukan sinkron emis pada menu data siswa
  3. Apabila data siswa sudah lengkap, silahkan ajukan validasi data. Nomor peserta akan tampil jika ajuan validasi sudah disetujui admin kabupaten kota atau provinsi.
  4. Apabila madrasah anda pelaksana ujian madrasah, silahkan cetak DNS, DNT dan kartu ujian madrasah anda serta madrasah yang bergabung.
  5. Kemudian khusus untuk jenjang RA, silahkan cetak Hasil Validasi sebagai bukti validasi dari aplikasi PDUM.


Sekian informasi tentang Cara Login Aplikasi PDUM Terbaru, semoga dapat bermanfaat dalam persiapan pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) 2024.
Kami_Madrasah