Cara Login EDM eRKAM V.2 Kemenag

Cara Login EDM eRKAM V.2 Kemenag memiliki tiga kategori yang harus dipahami oleh Kepala Madrasah, Bendahara BOS, dan Operator/staff madrasah yang menangani Evaluasi Diri Madrasah (EDM) serta eRKAM.

Kenapa Login EDM eRKAM V.2 Kemenag memiliki kategori yang berbeda sehingga username dan password login kedalam aplikasi EDM eRKAM v.2 juga berbeda.


Cara Login EDM eRKAM V.2 Kemenag 2024

Aplikasi evaluasi diri madrasah atau yang disingkat EDM merupakan aplikasi untuk melihat serta mengukur kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi oleh madrasah.

Dari hasil pengisian EDM tersebutlah, madrasah akan dapat menyusun rencana kerja anggaran madrasah (RKAM) baik jangka pendek, menengah, bahkan jangka panjang. Rencana kerja anggaran madrasah yang disusun beranjak dari hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM), diharapkan dapat secara tepat dan efektif mengembangkan serta memperbaiki kualitas pendidikan disatuan madrasah.

Sehingga dalam pengisian EDM diperlukan keterbukaan serta kejujuran seluruh pihak sekolah sebagai wujud komitmen bersama untuk berbenah demi madrasah yang lebih baik kedepan.

Namun sebelum itu, perlu diketahui beberapa hal penting terkait penggunaan EDM dan eRKAM v.2 Tahun 2023 sebagai syarat pencairan Biaya Operasional Sekolah (BOS) pada madrasah.

Hal-hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

  • BOS 2023 menggunakan EDM dan e-RKAM v.2
  • Usulan kegiatan dan subkegiatan pada BOS Tahun Anggaran 2023 harus berasal dari aplikasi EDM v.2
  • Prioritaskan terlebih dahulu sub-kegiatan yang didalamnya memuat komponen biaya operasional, misalnya subkegiatan Kegiatan Belajar Mengajar, didalamnya memuat komponen biaya: 1). Gaji/honor rutin GBPNS; 2) Listrik, internet/telepon, dan air; dan 3)Biaya operasional lainnya seperti kebersihan, keamanan.

Usulan Kegiatan/SubKegiatan dalam e-RKAM tidak dapat diisi jika madrasah belum menyelesaikan EDM dan disetujui Kepala Madrasah.

Cara Login EDM eRKAM V.2 Kemenag


Untuk dapat masuk/login kedalam aplikasi Evaluasi Diri Madrasah dan e-RKAM v.2 Kemenag, perhatikan penjelasan berikut ini:

  • Login EDM e-RKAM V.2 untuk peserta bimtek 2020 dan 2021, login menggunakan username dan password yang sama dengan username dan password eRKAM v.1
  • Login EDM e-RKAM V.2 Untuk peserta bimtek 2022, login dengan klik menu “daftar”. Nomor registrasi akan diberikan oleh admin kab/kota.
  • Login EDM e-RKAM V.2 Peserta bimtek 2022 menggunakan EDM e-RKAM v.2 setelah mendapat pendampingan. Sebelum pendampingan, gunakan RKAM versi manual.

Apabila Bapak/Ibu Kepala Madrasah, Bendahara BOS, dan Operator/staff tentang kategori tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan kunjungi laman EDM 2023 disini
  • Akan muncul halaman untuk memasukkan username dan password, silahkan gunakan user dan password yang dimiliki sesuai tiga kategori diatas.
  • Jika berhasil, maka Bapak/Ibu akan diarahkan kedalam halaman utama EDM v.2.

Sedangkan untuk login eRKAM v.2 Kemenag, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Kunjungi laman eRKAM v.2 disini
  • Akan muncul halaman untuk memasukkan username dan password, silahkan gunakan user dan password yang dimiliki sesuai tiga kategori diatas.
  • Jika berhasil, maka Bapak/Ibu akan diarahkan kedalam halaman utama eRKAM v.2.

Itulah tadi langkah-langkah untuk dapat masuk/login kedalam aplikasi EDM eRKAM V.2 Kemenag. Semoga bermanfaat.