Panduan Penyusunan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Panduan Penyusunan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah ini dikembangkan dari Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Madrasah merupakan sekolah umum bercirikhas agama Islam, hal ini berkonsekwensi apa yang diatur dalam pandauan Kemendikbudristek berlaku juga di madrasah, namun dengan beberapa adaptasi disesuaikan dengan karakteristik, kekhasan dan kebutuhan madrasah.


Panduan Penyusunan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Nilai-nilai agama Islam diintegrasikan dalam penyusunan kurikulum merdeka untuk menumbuhkan jati diri dan keunikan madrasah. Oleh karenanya, nilai-nilai agama menjadi warna dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak ketika menyikapi situasi dengan kebijakan pendidikan di madrasah.

Panduan Penyusunan Kurikulum Merdeka Madrasah ini memuat tentang; konsep kurikulum operasional madrasah, prinsip yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan dan komponen-komponen kurikulum operasional madrasah yang harus dipenuhi.

Terdapat 4 (empat) komponen kurikulum operasional untuk mengatur sistem pembelajaran di madrasah, komponen tersebut yaitu;

  1. analisis karakteristik madrasah,
  2. penyusunan visi, misi dan tujuan Madrasah,
  3. pengorganisasian pembelajaran dan
  4. perencanaan pembelajaran dan proses berpikir.

Panduan penyusunan dan pengembangan kurikulum merdeka pada madrasah ini juga sudah diadaptasi dengan prinsip inklusifitas dalam layanan pendidikan pada satuan pendidikan madrasah. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pendidikan Islam inklusif yang komitmen memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi serta pendidikan yang setara untuk semua anak bangsa.

Sebagaimana diketahui bahwa Kurikulum Merdeka memberikan otonomi, kebebasan dan keluwesan kepada satuan pendidikan madrasah dalam mengatur praktik pendidikan, agar berani melakukan kreasi, inovasi dan terobosan dalam memajukan madrasah itu sendiri.

Kehadiran panduan penyusunan kurikulum merdeka ini diharapkan mamput menginspirasi madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sebagai inspirasi tentu panduan penyusunan kurikulum ini tidak kaku.

Madrasah diberikan keleluasaan untuk melakuan kreasi dan inovasi kurikululum untuk mengakomodir karakteristik, kekhasan, kebutuhan dan visi-misi madrasah.

Madrasah didorong berani melakuan kreasi dan inovasi tanpa menunggu harus lengkap dan sempurna demi memberikan layanan terbaik kepada peserta didik madrasah. Sehingga madrasah berani dan mampu melakukan perubahan baik manajemen maupun pembelajaran di kelas.

Panduan Penyusunan Kurikulum merdeka pada Madrasah ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Oleh karena itu, panduan ini juga akan mengalami pembaruan secara berkala sesuai kebutuhan dan dinamika yang ada.

Silahkan unduh Panduan Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah terbaru 2022 disini: Unduh File.

Panduan ini digunakan bersama dengan dokumen kurikulum merdeka pada madrasah lainnya, antara lain:


Dokumen-dokumen diatas diharapkan dapat dibaca serta dipelajari dengan seksama oleh madrasah sebagai penunjang Pengembangan dan penyusunan Kurikulum Merdeka di Madrasah.

Sekian informasi tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, semoga bermanfaat.
Kamimadrasah.id