Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis

Formulir PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) sangat dibutuhkan guna memperlancar proses penerimaan peserta didik baru di tahun baru pelajaran. Formulir PPDB berisikan data tentang informasi calon peserta didik baru.

Formulir PPDB berfungsi untuk menghimpun data calon peserta didik baru yang mendaftar dan mengisi formulir PPDB guna diinputkan kedalam aplikasi pendataan.

Formulir PPDB bisa dalam bentuk offline maupun online, offline artinya formulir PPDB dalam bentuk fisik dokumen yang telah disediakan oleh Madrasah, Sedangkan online yakni formulir PPDB yang dibuat menggunakan fasilitas baik gratis maupun berbayar misalnya Website, Laman Blog, Google Formulir dan lain sebagainya.

Baca Juga: Juknis PPDB Madrasah Tahun 2020/2021

Artikel kali ini, akan menguraikan tentang cara membuat formulir pendaftaran online yang keren menggunakan JotForm. Jotform merupakan website penyedia layanan formulir untuk segala efen termasuk dapat juga dipakai untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis

Situs Website Jotform ini menyediakan fitur formulir dalam layanan Free (gratis) dan juga layanan berbayar (Pro). Namun untuk event PPDB saya rasa menggunakan layanan free (gratis) sudah sangat cukup dan terlihat keren.

Dalam penggunaannya, kita dapat memodifikasi template sesuai kebutuhan dan keinginan kita, dan dapat memilih bermacam-macam template yang dapat digunakan secara gratis, kemudian memodifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan kita.

Baca Juga: Contoh SK Kriteria Kelulusan Siswa Madrasah Tahun 2020

Keunggulan JotForm untuk Formulir PPDB Online


Banyak sekali keunggulan Jotform yang bisa kita gunakan meskipun kita menggunakan layanan gartis (Free), antara lain adalah sebagai berikut:
  • Tersedia berbagai Template keren
  • Mudah dimodifikasi
  • Memiliki fitur yang lengkap
  • Database tersedia dalam akun (tidak memerlukan penyimpanan seperti; google drive, onedrive, dll)
  • Database dapat diunduh dalam berbagai bentuk seperti; Excel, Spreedsheet, PDF.
  • Formulir dapat dicetak dan digunakan secara Offline

Itulah keunggulan Jotform jika dipakai untuk keperluan penggunaan Formulir PPDB Online, mungkin Bapak/Ibu ada yang sudah pernah menggunakan Jotform dan mengetahui keunggulan lain, silahkan tulis dalam kolom komentar.

Cara membuat Formulir PPDB Online


Dalam artikel ini, kami madrasah akan menguraikan tentang pembuatan formulir PPDB online Gratis dan keren menggunakan JotForm, langkah demi langkah silahkan Bapak/ibu simak hingga akhir.

Baca Juga: Contoh SK Kelulusan Siswa Tahun 2020

Namun sebelum memulai membuat formulir PPDB menggunakan Jotform silahkan menyiapkan Akun Google atau Akun Facebook untuk mendaftar Akun di Situs JotForm. Jika sudah punya akun Google atau akun Facebook mari kita mulai dengan langkah pertama.

  1. Kunjungi situs JotForm Disini
  2. Silahlan registrasi menggunakan akun Google atau akun Facebook
  3. Klik Create Form >> Use Template >> Silahkan Pilih template yang sesuai (Saya sarankan menggunakan template “Course Registration Form”)
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Membuat Form Baru
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Klik Use Template
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Pilih Template
  4. Langkah selanjutkan mari kita sesuaikan dengan kebutuhan data yang harus diisikan oleh calon peserta didik baru dengan terlebih dahulu Klik SETTING untuk menyesuaikan Nama Form, Backgorund, Bahasa dan lain-lain.
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Menu Setting Dasar
  5. Setelah selesai melakukan pengaturan dasar, silahkan mengcustomisasi formulir dengan klik BUILD, dan gunakan fasilitas yang tersedia, selengkapnya lihat gambar berikut:
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Edit Form
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Edit Form
  6. Jika sudah sesuai, lanjut untuk mempublikasikan formulir yang telah kita buat tadi dengan klik PUBLISH. Dalam fitur ini kita dapat merubah link dengan cara klik tombol gambar pulpen, Review Formulir PPDB dengan Open New Tab, dan juga Copy Link untuk disebar dengan Klik Copy Link (Lebih jelasnya lihat gambar berikut).
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Publikasi Formulir PPDB

Cara melihat menganalisis dan mengunduh Data Masuk (Pengisi Formulir)


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa menggunakan JotForm untuk formulir PPDB ini memiliki keunggulan yakni database terintegrasi dalam satu akun dan dapat progres jumlah pendaftar dapat kita unduh serta lihat kapanpun dan dimanapun.

Untuk melihat serta mengunduh data pendaftar yang sudah mengisi formulir yang sudah kita buat sebelumnya, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Klik Menu Form Builder di sisi Pojok kiri atas
  2. Klik Sheet untuk melihat data masuk (lihat gambar berikut)
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Sheet; Melihat Data Masuk
  3. Klik Sheet >> Download All untuk mengunduh data, silahkan pilih format unduh (Excel, Spredsheet, PDF)
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Download All untuk mengunduh data masuk
  4. Klik Analysis untuk menganalisis data masuk (lihat gambar berikut)
    Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis
    Analysis data masuk

Itulah tadi tutorial tentang pembuatan Formulir PPDB Online menggunakan JotForm, untuk Demo formulir PPDB yang telah saya buat silahkan klik Disini >> DEMO FORMULIR PPDB 2020 SEDERHANA.

Demikianlah informasi tentang Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis, semoga dapat memberikan manfaat serta memperlancar proses penerimaan peserta didik baru di Madrasah Bapak/Ibu semua.

3 komentar

ada batasan jumlah respondennya ga?

Versi Gratis Maksimal 100 Responden dan 1 akun free bisa membuat 5 link Formulir.

sangat bermanfaat artikelnya bagus sakam dari kami [MySCH.id]