Kelas Online (E-Learning) Gratis Berbasis Telegram

Membuat kelas online atau e-learning secara gratis dan mudah merupakan kebutuhan untuk saat sekarang ini. Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah.

E-Learning berbasis Telegram adalah pembelajaran online yang menggunakan fasilitas telegram baik untuk menulis materi pembelajaran maupun soal ulangan.


Pembelajaran yang biasa dilakukan didalam kelas, saat ini dengan memanfaatkan teknologi yang ada dapat dilaksanakan secara daring dengan menggunakan kelas online atau bisa dengan e-learning gratis yang banyak disediakan platform.

Banyak aplikasi e-learning gratis dan kelas online yang memberikan fasilitas e-learning atau pembelajaran online secara gratis, misalnya saja Google Form, Google Classroom, Moodle, e-learning Madrasah, Rumah Belajar Kemdikbud dan lain sebagainya.

Yang mana semua aplikasi tersebut dapat dipergunakan secara gratis dan mudah dioperasikan, namun terlepas dari itu, pada saat ini guru juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada, termasuk e-learning atau kelas online.

Untuk aplikasi e-learning gratis yang sudah kami sebutkan tadi, Bapak/Ibu dapat melihat bagaimana tutorialnya di google karena sudah banyak artikel yang mengulas tentang e-learning gratis atau membuat kelas online dengan aplikasi diatas.

Membuat Kelas Online E-Learning Gratis Dengan Telegram

Nah, artikel ini memberikan opsi bagi Bapak/Ibu guru dalam membuat kelas online menggunakan telegram atau e-learning gratis dan mudah berbasis telegram yang dapat digunakan dari sekian banyak aplikasi e-learning gratis yang sudah tersedia.

Kenapa Menggunakan Telegram?


Telegram merupakan platform berkirim pesan instan yang populer setelah platform whatsapp, e-learning gratis menggunakan telegram memiliki kelebihan-kelebihan lain dibanding aplikasi sejenis lainnya. Kelebihan telegram antara lain sebagai berikut:
  • Jumlah anggota group hingga 200.000
  • Riwayat obrolan persisten
  • Kapasitas file untuk upload hingga Gigabyte
  • Memiliki fitur Telegra.ph; Menulis materi pelajaran (artikel) panjang tanpa mendaftar akun
  • Ringan dan Mudah digunakan

Kemudian apakah e-learning gratis menggunakan Telegram tidak memiliki kekurangan? Tentu saja ada, kekurangan menggunakan telegram jika dibandingkan aplikasi sejenis yakni whatsapp adalah sebagai berikut:
  • Koreksi soal tidak bisa dilakukan secara otomatis
  • Fitur Telegra.ph tidak memiliki keamanan yang cukup, jadi siapapun bisa merubah artikel/materi pembelajaran/soal yang telah dibuat.

Dalam menyelenggarakan kelas online atau e-learning gratis melalui telegram, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh Sekolah/Guru, antara lain adalah:

1. Memastikan seluruh siswa menginstalasi Aplikasi Telegram di Smartphone mereka
2. Guru/Wali Kelas memiliki No. HP Semua siswa

Untuk membuat e-learning gratis menggunakan telegram, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Membuat Kelas Online atau E-Learning Gratis dengan Telegram


Untuk membuat kelas online dengan Telegram, dapat memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan oleh telegram antara lain:
  • Fitur Group Telegram
  • Fitur Telegra.ph
Kedua fitur tersebut dapat dipergunakan untuk membuat kelas online yang memiliki fungsi masing-masing. Group Telegram sama seperti group di Whatsapp yang beranggotakan beberapa anak dikelas tertentu.

Sedangkan Telegra.ph adalah fasilitas untuk menulis materi pelajaran atau memberi soal kepada siswa secara mudah dan sederhana serta mempublikasikannya.

Kedua fitur Telegram tersebut akan kami bahas serta uraikan secara rinci dalam penjelasan dibawah ini. Yuk simak.

Baca Juga: [Gratis] E-Learning Madrasah Kemenag Tahun 2019

Cara Membuat Group di Telegram


Membuat group dalam kelas online atau E-learning secara gratis berfungsi untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kelas. Guru/Wali kelas dapat memasukkan siswa kedalam group tersebut dengan 2 metode yakni Share link group atau menambahkan nomor handphone.

Langkah memasukkan siswa kedalam group telegram ini sama dengan memasukkan siswa kedalam group whatsapp. Lalu bagaimana langkah membuat group telegram? Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Unduh dan Instal Aplikasi Telegram di Smartphone melalui Google Playstore
2. Masuk ke Aplikasi Telegram baik versi Mobile atau Desktop dengan memasukkan nomor telephone dan lakukan Verifikasi Telepon dengan memasukkan kode verifikasi yang di kirimkan Telegram melalui pesan singkat (SMS)
Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram
Masukkan No Handphone dan Verifikasi
3. Setelah berhasil, lanjutkan langkah dengan membuat Group Telegram, caranya sebagai berikut:

  • Klik Menu kemudian Klik Group Baru dan masukkan anggota (minimal 1 orang anggota).
    Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram
    Buat Group dan masukkan anggota
  • Beri Nama Group dan Pasang Foto Profil Group
    Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram
    Beri nama group dan pasang foto profil

Membuat Materi Pembelajaran dan Soal di Telegram dengan Fitur Telegra.ph


Telegra.ph merupakan fitur terbaru dari telegram. Telegra.ph digunakan untuk menulis artikel (dalam konteks pembelajarn dapat dipergunakan untuk menulis materi dan soal ulangan) yang mirip seper platform blog ringan atau laman web.

Untuk dapat menulis materi pembelajaran kelas online atau e-learning gratis Bapak/Ibu dapat menyimak dalam langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi laman telegra.ph di https://telegra.ph/
    Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram
    Kunjungi laman telegra.ph di https://telegra.ph/
  2. Tulis Materi e-learning atau soal ulangan, selengkapnya lihat dalam gambar berikut:
    Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram
    Laman telegra.ph
  3. Publish Materi e-learning atau soal ulangan yang telah dibuat dengan cara klik Publish, kemudian copy link di kolom search pada bagian atas untuk di bagikan di group telegram (lihat Gambar)
    Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram
    Publish materi pelajaran dan copy link

Setelah mempublish, materi pembelajaran atau soal ulangan yang telah dibuat masih dapat di edit dengan cara klik edit pada pojok kanan atas.

Aplikasi e-Learning gratis apapun pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, Kelas online atau e-Learning gratis dengan Telegram merupakan satu pilihan diantara banyak aplikasi e-learning gratis yang tersedia dan dapat dimanfaatkan.

Yang paling penting dari pembelajaran online atau e-learning adalah Apapun aplikasinya yang penting Guru nyaman dan siswa senang. Sehingga pembelajaran online menggunakan aplikasi e-learning gratis menjadi menyenangkan.

Demikianlah informasi tentang Membuat Kelas Online (E-Learning) Gratis Dengan Telegram, semoga dapat memberikan manfaat.
Kami_Madrasah