Permasalahan dan Solusi Verval-PD NISN Kemenag

Masalah & Solusi Verval-PD NISN Kemenag Terbaru berikut ini terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Operator Madrasah terkait Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa.

Vervalpd Kemenag telah dirilis dengan fitur dan tampilan baru serta sistem kerja yang baru juga, sehingga menimbulkan beberapa pertanyaan dibenak para Operator Madrasah terkait teknis pendataan di Vervalpd Kemenag.

Terkait Panduan pendataan di Vervalpd Kemenag terbaru, silahkan unduh user guide-nya disini >> Download User Guide Vervalpd Kemenag.

Baca Juga: Permasalahan NISN siswa Madrasah saat Pengajuan SNMPTN

Berikut merupakan rangkuman berupa pertanyaan yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi Operator Madrasah beserta jawaban atas permasalahan seputar Vervalpd Kemenag, sehingga dapat dijadikan referensi bagi teman-teman semua.

Permasalahan dan Solusi Verval-PD NISN Kemenag

Masalah & Solusi Verval-PD NISN Kemenag

1. Apakah akun yang digunakan untuk login ke vervalpd NISN dengan URL : http://pd.data.kemdikbud.go.id/kemenag?
Akun yang sudah terdaftar di link URL : https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php

2. Akun di SDM sudah terdaftar lama tapi tidak bisa login kenapa?
Lakukan Reset pasword dengan cara masuk ke halaman SDM lalu klik lupa pasword dan ikuti alur selanjutnya maka setelah di reset gunakan pasword yang baru tersebut.

Klo yang link 1 dikhususkan untuk melakukan perubahan jika ada kesalahan tapi kalo kalo link 2 cuma bisa melihat - lihat tanpa bisa melakukan perubahan.

4. Kenapa untuk jenjang MTs dan MA data yang masuk ke vervalpd (NISN) tidak sesuai dengan data di EMIS?
Karena sebagian data belum terproses jadi silahkan ditunggu dan juga bisa jadi data siswa belum lengkap dan segera lengkapi.

5. Kenapa di akun vervalpd jenjang MI masih kosong isinya?
Karena untuk jenjang MI belum di proses yakni mendahulukan kakak kelasnya MTs dan MA yang diburu pendataan Ujian.

6. Kenapa akun yang baru mendaftar belum bisa login padahal status akun sudah aktif?
Karena akun yang baru terdaftar masih dalam proses dan juga webnya juga belum stabil jadi cukup ditunggu dulu nanti pasti bisa login

7. Kenapa tanggal lahir siswa di vervalpd (NISN) untuk tingkat MTs ada yang memiliki tahun 1900 dan apakah perlu di edit jika seperti itu?
Karena masih dalam proses nanti akan berubah sendiri, tidak perlu di edit yang penting tanggal lahir di EMIS sudah sesuai nanti akan mengikuti.

8. Apakah siswa yang belum punya NISN bisa dapat NISN di vervalpd (NISN)?
Bisa, asal di EMIS kolom NISN di kosongi dan data yang lain di lengkapi.

9. Bagaimana jika dikolom NISN di vervalpd berwarna kuning atau tidak belum muncul NISN?
Sabar saja yang terpenting kita sudah mengikuti prosedur yang ada yakni sudah melakukan update data di EMIS.

10. Apakah kita bisa mengambil/claim NISN siswa yang sesuai dengan ijazah?
Bisa, selama NISN yang tercantum di ijazah belum di miliki orang lain

11. Bagaimana caranya claim NISN yang tertera di ijazah?
Masuk akun vervalpd kemudian masuk menu edit NISN dan ikuti petunjuk selanjutnya dan jangan lupa lampirkan file ijazah atau Scren Shot NISN

12. Kenapa NISN di vervalpd setelah di cek tidak terdaftar padahal NISN baru dengan awalan angka 3 dan bagaimana mengatasinya?
Bisa jadi karena tidak sempurna tergenerate dan cara mengatasinya bisa masuk ke link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan lakukan pencarian berdasarkan nama dan jika belum muncul maka cek besoknya dan besoknya lagi karena kasus ini sama dengan yang admin alami tapi setelah satu minggu akhirnya muncul juga dengan NISN yang berbeda.

Baca Juga:

Pada intinya kita diharapkan bersabar dan tetap selalu memantau dan selalu melakukan pengecekan dan jika ditemukan NISN sudah valid artinya NISN yang tercantum dengan profil yang sudah sesuai dengan dokumen seperti ijazah atau akta maka bisa kita update ke EMIS jika sebelumnya kolom NISN dikosongi atau NISN yang tercantum di emis bukan milik siswa bersangkutan.

Semoga rangkuman ini bisa membantu menjawab berbagai pertanyaan yanng sudah dipertanyakan di berbagai group kami hanya mencoba mengumpulkan, kemungkinan masih ada teman - teman yang belum mengetahui.

Demikianlah informasi tentang Permasalahan dan Solusi VERVALPD Kemenag, semoga dapat membantu.
Kami_Madrasah