RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Tahun 2019

Kami Madrasah - RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Tahun 2019 merupakan RPP yang dibuat dan disesuaikan dengan materi pembelajaran pada tahun 2018-2019. Akidah Akhlah merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang hanya diberikan di Madrasah.

Pembelajaran PAI di madrasah merupakan pola pembelajaran berbasis disiplin ilmu yang meliputi Al-Qur'an dan Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Tafsir.


Namun, pembelajaran PAI di madrasah dapat disampaikan dengan pendekatan terpadu atau integrated learning. Misalnya pembelajaran SKI atau Tafsir, Hadis dan Fikih secara terpadu. Di madrasah juga dimungkinkan pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis yang terpadu dengan bidang sains. Terpadu dalam arti bukan semata Islamisasi terhadap sains.

RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 8 MTs Tahun 2019

Namun, bagaimana nilai-nilai agama Islam yang universal itu mewarnai cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam proses pembelajaran dan implementasi sains itu sendiri.

Pembelajaran PAI di madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik terkait dengan akidah, akhlak, syariah dan perkembangan budaya Islam, sehingga memungkinkan peserta didik menjalankan kewajiban beragama dengan baik terkait hubungan dengan Allah SWT, maupun sesama manusia dan alam semesta.


Pemahaman keagamaan tersebut terinternalisasi dalam diri peserta didik, sehingga nilai-nilai agama menjadi pertimbangan dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak untuk menyikapi fenomena kehidupan.


Selain itu, peserta didik diharapkan mampu mengekspresikan pemahaman agamanya dalam hidup bersama yang multikultural, multietnis, multifaham keagamaan dan kompleksita kehidupan lainnya secara bertanggung jawab, toleran, dan moderat dalam kerangka berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga: Download RPP K13 SKI Kelas 7 Semester 1 dan 2

Oleh karena itu, pembelajaran PAI mengarusutamakan pada pembentukan sikap dan perilaku beragama melalui kontekstualisasi ajaran agama, pembiasaan, pembudayaan, dan keteladanan semua warga madrasah. 

Iklim akademis-religius perlu diciptakan sedemikian rupa sehingga budaya madrasah menjadi wahana bagi persemaian faham keagamaan yang moderat, internalisasi akhlak mulia, budaya anti korupsi dan model kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara yang baik bagi masyarakat. Hubungan guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran dibangun dengan ikatan kasih sayang dan sating membantu bekerja sama untuk menggapai ridlo Allah Swt.

Tujuan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah


Adapun tujuan pembelajaran Akidah Akhlak di Mdrasah tsanawiyah adalah sebagai berikut;
  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah swt.;
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial sebagai ,  manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

Ruang Lingkup Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah


Ruang lingkup didalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah tsanawiyah meliputi;
  1. Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, al-Asma' al-Husna (al-Aziiz, al-Bashiith, al-Ghaniyy, arRa'uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-Adl, alHayyu, al-Qayyuum, al-Lathiiif), sifatsifat wajib, mustahil dan jaiz Allah Swt. beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, tugas dan sifat malaikat Allah Swt. serta makhluk gaib lainnya (jin, iblis, dan setan), hikmah beriman kepada hari Akhir, beriman kepada qadla' dan qadar. mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, maunah, dan irhas), peristiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (`Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan,Yaumul Jaza',Shirat, Surga dan Neraka)
  2. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiyar, tawakal, qana'ah, sabar, syukur. Sifat utama keteguhan rasul Ulul Azmi. sifat husnuzan, tawadhu, tasammuh, ta'awun, menuntut ilmu, kerja keras, kreatif, produktif dan inovatif.
  3. Aspek akhlak tercela meliputi riya, nifaq, ananiah, putus asa, gadab, tamak, hasad, dendam, gibah, fitnah, namimah, dan perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja (minuman keras, judi, pacaran dan tawuran).
  4. Aspek adab meliputi: adab dan fadlilah sholat dan dzikir (Istighfar, Shalawat dan Laa ilaaha illallaah), adab membaca al-Qur'an dan adab berdoa, adab kepada orang tua, guru, bersosial media, bergaul dengan saudara, teman, tetangga, berjalan, makan minum, dan berpakaian.
  5. Aspek kisah teladan meliputi: Nabi Sulaiman a.s. Nabi Ibrahim a.s. Nabi Musa a.s. Sahabat Abu Bakar r.a. Sahabat Umar bin Khattab r.a. sayidah Aisyah r.a. Sahabat Usman bin Affan r.a, Sahabat Ali bin Abi Thalib.

Download RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 8 MTs Tahun 2019


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019 dapat diunduh melalui tautan link berikut ini:


Untuk mengunduh RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 7 MTs Tahun 2019 silahkan mengunduhnya melalui laman artikel berikut >> RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 7 MTs Tahun 2019.

Demikianlah informasi tentang RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 8 MTs Tahun 2019, semoga membawa manfaat untuk Bapak/Ibu guru.