KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab

KMA 183 Tahun 2019 merupakan regulasi yang mengatur tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. KMA ini diterbitkan untuk menyelaraskan implementasi kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Dengan terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah ini, maka KMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

KMA 183 Tahun 2019 ini mengatur tentang teknis penerapan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Sehingga setiap madrasah diharapkan dapat menyesuaikan dengan KMA 183 Tahun 2019 ini.

KMA 183 Tahun 2019

Kurikulum pendidikan agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah merupakan acuan dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada madrasah.

Baca Juga: Persyaratan Kepala Madrasah sesuai PMA No 24 Tahun 2018

Prinsip-prinsip utama dalam pedoman ini digunakan satuan pendidikan madrasah untuk mengembangkan isi pembelajaran, proses dan penilaian pembelajaran, pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan, pemenuhan sarana prasarana, pengembangan sistem penglolaan dan biaya operasional.

Baca Juga: Pedoman Pelajaran Informatika SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Sebagai pedoman berlaku secara nasional yang bersifat minimal dan fleksibel, maka satuan pendidikan madrasah dapat mengembangkan sesuai kondisi dan kebutuhan dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Aturan Jumlah Rombel dan Siswa pada Madrasah

Inovasi dan fleksibelitas implementasi pedoman oleh satuan pendidikan madrasah harus diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan madrasah dengan menjadikan peserta didik sebagai fokus utama tujuan implementasinya.

Baca Juga: KI-KD PAI & Bahasa Arab Sesuai KMA 183 Tahun 2019

Ruang lingkup kurikulum PAI dan Bahasa Arab madrasah meliputi:
  • Kerangka Dasar Kurikulum PAI dan Bahasa Arab;
  • Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab;
  • Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab;
  • Penilaian PAI dan Bahasa Arab; dan
  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan bahasa Arab pada madrasah.

SE Implementasi KMA 183 Tahun 2019


KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab mulai di implementasikan pada Tahun Ajaran 2020-2021, hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag Nomor B.1264/DJ.I/ Dt.i.i/PP.00/07/2020 yang ditanda tangani oleh Direktur KSKK Madrasah A. Umar di Jakarta pada tanggal 10 Juli 2020.

Dalam Surat Edaran (SE) tersebut dijelas bahwa KMA 183 Tahun 2019 di implementasikan untuk semua jenjang pada semua tingkatan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Baca Juga: Struktur Kurikulum MI MTs dan MA sesuai KMA 184 Tahun 2019

Sedangkan Raudlatul Athfal (RA) dalam implementasi kurikulum berpedoman pada KMA 792 Tahun 2018 tentang pedoman implementasi Kurikulum Raudlatul Athfal (RA). Selengkapnya terkait KMA 792 Tahun 2018, silahkan baca disini: KMA 792 Tahun 2018 tentang Kurikulum Raudlatul Athfal (RA).

Sehingga madrasah akan mulai menggunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab yang baru sesuai KMA 183 Tahun 2019.
KMA 183 Tahun 2019
SE Implementasi KMA 183 Tahun 2019 dan KMA 792 Tahun 2018

Download KMA Nomor 183 Tahun 2019


Bapak/Ibu yang menghendaki mengunduh KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, silahkan mengunduhnya melalui tautan berikut ini >> KMA Nomor 183 Tahun 2019 [ 36 Mb ].

Baca Juga: KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Implementasi Kurikulum Pada Madrasah

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah dimaksudkan sebagai panduan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah.

Demikianlah informasi tentang KMA Nomor 183 Tahun 2019 Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, semoga memberikan manfaat.

1 komentar

Bismillah masuk tahun pelajaran 2021-2022
semoga AKU BISA AKU CERDAS AKU SUKSES AKU BAHAGIA