Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024

Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024 secara resmi telah diterbitkan oleh Pusmendik Kemdikbud RI sebagai pedoman bagi satuan pendidikan dalam pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat 2023.

Dalam rangka pelaksanaan pelayanan asesmen pendidikan, Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik), Kemendikbudristek, mengadakan kegiatan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) berbasis komputer untuk siswa kelas 9 jenjang SMP/MTs.

Pelaksanaan Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024 di satuan pendidikan bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan peserta didik pada bidang-bidang khusus serta minat peserta didik berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. sekolah/madrasah akan memperoleh gambaran bakat dan minat siswa berdasarkan hasil yang diperoleh.

Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024

Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024 ini berisi tentang latar belakang, tujuan, dan petunjuk pelaksanaan layanan ABM. Petunjuk teknis ini disusun agar dapat membantu sekolah/madrasah yang menyelenggarakan ABM sehingga dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

ABM Pusmendik Kemdikbudristek merupakan asesmen yang mengukur potensi peserta didik yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang pada bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan.


Asesmen Bakat Minat 2024 diharapkan dapat menempatkan siswa pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa.

Berbeda dari tes prestasi yang mengukur pengetahuan akademik, ABM Tahun 2024 disusun tidak berdasar silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar. Prosedur pengembangan butir soal Asesmen Bakat Minat (ABM) sudah terstandar sehingga menghasilkan soal-soal yang valid dan terkalibrasi.


Informasi mengenai Pelayanan ABM dapat dilihat pada laman Asesmen Bakat Minat Pusmendik Kemdikbud. Laman Aasemen Bakat Minat 2024 dapat diakses oleh Pelaksana Pusat, Pelaksana Provinsi, Pelaksana Kota/Kabupaten dan sekolah/madrasah.

Jadwal Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024


  • Sosialisasi dan Pengumuman ABM: 23 Januari 2024
  • Pendaftaran Satuan Pendidikan: 23 Januari s.d. 3 Februari 2024
  • Pendaftaran Peserta dan pengaturan jadwal: 23 Januari s.d. 9 Februari 2024
  • Pengisian data panitia pelaksana satuan pendidikan dan pakta integritas: 23 Januari s.d. 9 Februari 2024
  • Simulasi aplikasi: 15 s.d 16 Februari 2024
  • Cetak perlengkapan ujian: 15 s.d 16 Februari 2024 
  • Pelaksanaan asesmen: 19 s.d 23 Februari 2024 dan 26 Februari s.d 1 Maret 2024
  • Unggah kelengkapan ujian: 19 Februari s.d. 1 Maret 2024
  • Cetak hasil: 11 Maret 2024

Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024


Berikut adalah petunjuk teknis (Juknis) Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024 yang dapat diunduh disini: Unduh File.

Demikianlah informasi terkait Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2024, semoga bermanfaat.