Cara Pengisian DP-SPM Subdit Sarpras Kemenag

Kami Madrasah - Data Pokok Sarana Prasarana Madrasah (DP-SPM) Subdit Sarpras Kemenag merupakan aplikasi terbaru dari Subdit Sarpras Madrasah dibawah naungan Kemenag RI. DP-SPM adalah website yang menggabungkan beberapa Aplikasi yang dimiliki oleh Subdit Sarpras Kemenag yang dikembangkan dan diluncurkan pada Februari 2019. 

Dengan adanya DP-SPM Subdit Sarpras ini diharapkan pendataan Sarana Prasarana Madrasah dapat dilaksanakan dalam satu pintu dengan satu akses login. Adapun Aplikasi-aplikasi yang termuat dalam DP-SPM adalah sebagai berikut:

  1. Sim-Sarpras Versi 3.0
  2. E-Monev Versi 3.0
  3. SBSN Madrasah Versi 1.0
  4. E-Profil Versi 1.0
  5. SPM-Mail Versi 1.0
  6. JDIH-SPM Versi 1.0
  7. Dokmon-SPM Versi 1.0
  8. DPK-SPM Versi 1.0
  9. GIS Madrasah

Sehingga total Aplikasi yang termuat dalam DP-SPM Subdit Sarpras Kemenag adalah 9 Aplikasi Pendataan.
Simsarpras Kemenag

Meskipun Surat Edaran tentang pengisian DP-SPM Kemenag belum terbit, namun jika kita login ke DP-SPM, Madrasah dianjurkan untuk melakukan update data Madrasah. Sehingga ada baiknya hal tersebut dilakukan oleh tiap satuan pendidikan Madrasah.

Baca Juga:

Cara Pengisian DP-SPM Subdit Sarpras Kemenag 2019

Sobat Kami Madrasah, berikut adalah cara pengisian/update data lembaga di DP-SPM Subdit Sarpras Kemenag yang dapat sobat simak dalam tutorial berikut:

1. Login ke Website DP-SPM di sarprasmadrasah.kemenag.go.id/sarpras/

Untuk Username dan Password login DP-SPM sama dengan Username dan Password login Simsarpras Default (Belum dirubah/reset).
  • Usernama: NSM
  • Password: Jenjang 1234 (contoh: MTS 1234)
2. Klik Tombol SIMSARPRAS
3. Update Profil Madrasah dengan Klik Tombol Hijau di Pojok Kanan Bawah Layar.
4. Pengisian Data Madrasah.

Pada Langkah ke-4 ini, yang harus dilakukan adalah mengisi 8 Menu yang harus diupdate oleh Madrasah, 8 Menu tersebut diisi sesuai dengan kondisi riil Madrasah dan di isi secara urut. 8 Menu tersebut adalah sebagai berikut:
  • Update Profil : Berisi tentang identitas Madrasah yang mencakup NSM, NPSN, Nama Kamad, Nama Bendahara, Nama Operator, Email Madrasah, dll.
  • Data Sarana : Berisi tentang data jumlah Sarana Madrasah seperti alat-alat Lab, Komputer, Printer, LCD Proyektor, dll.
  • Data Prasarana : Berisi tentang data jumlah Prasarana Madrasah seperti Ruang Kelas, Ruang Guru, Asrama, dll.
  • Data Kondisi Prasarana : Isian tentang kondisi Prasarana Madrasah yang dimiliki, Kriteria kondisi yang harus di pilih adalah Baik, Rusak Ringan, Rusak Sedang, Rusak Berat.
  • Data Foto Sarpras Baik : Fitur untuk Upload Foto Sarana Prasarana yang dalam kondisi Baik. Ketentuan Foto yang di Upload adalah foto type JPG/JPEG, berukuran maks. 300 Kb/0,3 MB, dan sekali Upload adalah 2 foto.
  • Data Foto Sarpras Rusak : Fitur untuk Upload Foto Sarana Prasarana yang dalam kondisi Rusak. Ketentuan Foto yang di Upload adalah foto type JPG/JPEG, berukuran maks. 300 Kb/0,3 MB, dan sekali Upload adalah 2 foto.
  • Data File Profil : Merupakan menu untuk UPLOAD PROPOSAL Pengajuan Sarpras. Ketentuan file yang di Upload adalah Type file PDF, maks. ukuran 1 MB dan sekali Upload 1 file PDF.
  • Cetak Bukti Update Profil : Menu yang terakhir adalah Cetak Bukti Update Profil, menu ini akan berfungsi jika Madrasah telah melakukan Update Profil secara keseluruhan. Fungsi dokumen yang dicetak adalah untuk mendukung mendapatkan surat rekomendasi dari Kemenag Kab/Kota/Provinsi setempat.
Sampai disini, proses update data profil madrasah telah selesai. Dan Madrasah dapat melakukan cetak Bukti Update Profil di DP-SPM Subdit Sarana Prasaran. 

Demikianlah informasi tentang Cara Pengisian DP-SPM Subdit Sarpras Kemenag. Semoga bermanfaat.