Aplikasi Sistem Administrasi BK (Siap-BK)

Aplikasi Sistem Administrasi BK (Siap-BK) adalah aplikasi bagi guru BK Madrasah untuk membantu administrasinya dalam melaksanakan tugas bimbingan dan konseling. Bimbingan dan Konseling adalah upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh konselor atau guru Bimbingan dan Konseling untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik/Konseli untuk mencapai kemandirian dalam kehidupannya.

Konseli adalah penerima layanan Bimbingan dan Konseling pada satuan Pendidikan (Permendikbud 111 tahun 2014). Konseli di dalam satuan pendidikan adalah peserta didik pada jenjang Madrasah Tsanwiyah dan Madrasah Aliyah.

Paradigma bimbingan dan konseling yang dikembangkan ABKIN (2007) adalah peserta didik dalam proses menjadi (on becoming), yaitu berkembang ke arah kematangan atau kemandirian yang memerlukan bimbingan, karena kurang memiliki pemahaman tentang dirinya, lingkungannya, dan pengalaman dalam menentukan arah kehidupannya. Terdapat keniscayaan bahwa proses perkembangan peserta didik tidak selalu berlangsung secara mulus atau bebas dari masalah. Proses perkembangan itu tidak selalu berjalan dalam alur linier, lurus, searah dengan potensi, harapan, dan nilai-nilai yang dianut (Depdiknas, 2007).

Oleh karena itu di satuan Pendidikan, termasuk madrasah memerlukan program Bimbingan Konseling untuk mengarahkan peserta didik. Guru Bimbingan Konseling merupakan salah satu jenis guru berdasarkan sifat, tugas dan kegiatannya seperti tercantum dalam pasal 3 Permenpan dan RB no 16 Tahun 2009.


Guru Bimbingan dan Konseling adalah pendidik yang berkualifikasi akademik minimal Sarjana Pendidikan (S-1) dalam bidang Bimbingan dan Konseling dan memiliki kompetensi di bidang Bimbingan dan Konseling. Sedangkan Guru BK yang telah lulus pendidikan profesi guru Bimbingan dan Konseling disebut konselor.

Download Aplikasi Sistem Administrasi BK (Siap-BK)


Bapak/Ibu berikut adalah Aplikasi Sistem Administrasi BK (Siap-BK) yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini: Download Siap-BK versi 2021.

Demikianlah informasi tentang Aplikasi Sistem Administrasi BK (Siap-BK), Semoga ada guna dan manfaatnya.

7 komentar

gimana solusi untuk Username sama pasword nya Bang

Hanya di khususkan untuk Madrasah ?

USER NAME DAN PASSWORD ???

user name dan paswor????

Silahkan unduh versi terbaru disini: https://kamimadrasah.blogspot.com/2019/10/aplikasi-siap-bk-administrasi-bimbingan-konseling-versi-2019.html. Username dan passrword silahkan baca artikelnya secara lengkap.

username dan password tdk bisa