Download Dokumen 1 TK/RA (Kurikulum) K13 Terbaru

Kami Madrasah - Masa usia dini merupaka usia emas pertumbuhan dan perkembangan (golden age) sebab perkembangan berbagai aspek psiko-fisik yang terjadi pada masa ini akan menjadi peletak dasar sangat fundamental. Artinya perkembangan aspek psiko fisik pada masa usia dini akan menjadi dasar peletak bagi perkembangan selanjutnya.

Pada masa ini perkembangan jaringan otak anak mengalami peningkatan yang sangat pesat, oleh karena itu pendidikan anak usia dini merupakan dasar bagi perkembangan masa berikutnya, serta merupakan tahap pembinaan awal menuju terbinanya kualitas sumber daya manusia Indonesia yang memiliki daya saing tinggi di era global ini.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum merupakan alat untuk membantu dan memberikan acuan bagi pendidik dalam melaksanakan tugasnya.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan dengan mengacu pada teori pendidikan berbasis standar dan kurikulum berbasis kompetensi. Pendidikan berbasis standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal penyelenggaraan pendidikan.

Standar tersebut terdiri dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Proses pengembangan kurikulum secara langsung berlandaskan pada empat standar yakni standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, dan standar penilaian pendidikan. Sementara itu, empat standar lainnya dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung implementasi kurikulum.


Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi anak untuk mengembangkan kemampuan yang berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menerapkan pembelajaran dalam bentuk pemberian pengalaman belajar langsung kepada anak yang dirancang sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan usia anak.
 

UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 14 menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Download Dokumen 1 RA Tahun 2018-2019

Tujuan Penyusunan Dokumen Kurikulum RA


Penyusunan Kurikulum atau Dokumen 1 Raudlatul Athfal bertujuan serta berfungsi untuk 3 hal, diantaranya adalah sebagi berikut:

  1. Menjadi pedoman Kepala Sekolah Raudhatul Atfhal Nurul Ihsan Gantar dalam menyusun program Pendidikan yang akan dilaksanakan di satuannya.
  2. Menjadi panduan bagi pendidik Raudhatul Athfal Nurul Ihsan Gantar dalam mengembangkan dan penilaian kemampuan Spiritual (nilai agama dan moral), fisik motoric, kognitif, bahasa, spsiaol-emosional dan seni pada anak didik secara optimal sesuai dengan keunikan dalam program tahunan, progam semester, program mingguan dan harian.
  3. Menjadi rujukan bagi pembina Raudhatul Athfal Nurul Ihsan Gantar di lapangan dalam memberikan pembinaaan dan penyediaan layanan peserta didik dan wali peserta didik.

Download Dokumen 1 TK/RA (Kurikulum) K13 Terbaru


Sobat Kami Madrasah berikut adalah Dokumen 1 TK/RA (Kurikulum) K13 Terbaru yang dapat sobat unduh melalui tautan dibawah ini serta dapat sobat sesuaikan dengan tiap-tiap lembaga:

Dokumen Kurikulum ini dilakukan dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakukan Kurikulum 2016 dan Kurikulum 2013; Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 3489 Tahun 2016 tentang Kurikulum Raudhatul Athfal.

Demikianlah informasi tentang Download Dokumen 1 TK/RA (Kurikulum) K13 Terbaru, semoga bermanfaat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

19 komentar

terima kasih, semoga ilmunya makin bertambah dan banyak manfaatnya

terimakasih banyak, atas ilmunya.

mohon izin download semoga berkah amiiin

Syukron Min, sangat membantu sekali..

Sama-sama, senang bisa membantu.

TERIMAKASIH JAZAKUMULLAH

Terimakasih jazakumullah khairan

terima kasih ya semoga selalu diberi yang terbaik dunia akhirat

Makasih banyk, smg Tuhan memberi yang terbaik bagi mu

Ijin Download...terima kasih banyak...sangat bermanfaat .... semoga tambah maju blognya

Wasil: Silahkan, Aamiin..

thank u for sharing this so much helpful

Jazakumullah ahsanal jaza