Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA)

Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA) merupakan lembar penilaian perkembangan yang dipergunakan guru PAUD tingkat TK/RA/KB guna merekam data perkembangan anak dalam kegiatan pembelajaran harian.

Lembar penilaian perkembangan memiliki tujuan untuk memperoleh informasi tentang tumbuh kembang anak melalui aktivitas-aktivitas pembelajaran yang telah diberikan.

Sebagaimana dijelaskan dalam Permendikbud No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pasal 1 disebutkan bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini, yang selanjutnya disingkat PAUD, merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:
  • mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi: aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahun, dan keterampilan;
  • menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian rangsangan pendidikan;
  • menggunakan penilaian autentik dalam memantau perkembangan anak; dan
  • memberdayakan peran orang tua dalam proses pembelajaran.

Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal. UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Undang-undang ini mengamanatkan bahwa pendidikan harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik sebagai dasar anak memasuki pendidikan lebih lanjut. Masa usia dini adalah masa emas perkembangan anak dimana semua aspek perkembangan dapat dengan mudah distimulasi.

Periode emas ini hanya berlangsung satu kali sepanjang rentang kehidupan manusia. Oleh karena itu, pada masa usia dini perlu dilakukan upaya pengembangan menyeluruh yang melibatkan aspek pengasuhan, kesehatan, pendidikan, dan perlindungan. 

Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA)

Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA)


Berikut adalah Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA) yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:

  • Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA) Unduh
  • Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD Unduh
  • Sosialisasi Penilaian PAUD Unduh

Demikianlah informasi tentang Lembar Penilaian Perkembangan Harian PAUD (TK/RA), semoga ada guna dan manfaatnya.