Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019


Kami Madrasah – Sobat Proktor UAMBN-BK dimanapun berada, sebagaimana tahun sebelumnya, tahun ini Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali menyelenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional berbasis Komputer (UAMBN-BK). Ada beberapa hal yang berbeda dalam pelaksanaan UAMBN-BK Tahun ini dengan tahun sebelumnya, perbedaan-perbedaan tersebut yakni: Data madrasah Terintegrasi dengan 3 pangkalan data, yakni: PDUM (online), Web UAMBN-BK (Online), VDI (Offline).

Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019

Namun, dalam proses penginterasian tersebut diperlukan sinkronisasi, dimana menu tersebut hanya terdapat dalam proses konfigurasi VDI UAMBN-BK yang terdapat dalam aplikasi Offline. Sehingga setelah proses upload foto selesai, Proktor UAMBN-BK hanya perlu melakukan sinkronisasi data dari PDUM-UAMBN-BK ke VDI UAMBN-BK.

Langkah Sinkronisasi Data :


Masuk ke menu Sinkronisasi Data di VDI UAMBN-BK.
  1. Lakukan sinkron nomor 1, 2, 3, dan 4. (secara berurutan)
  2. Untuk nomor 5 dan 6 lakukan jika tersedia, jangan khawatir kalau data tidak tersedia. Itu berarti memang belum ada.
  3. Setelah selesai langkah di atas, cek data jadwal dan siswa dari menu yang tersedia. Jika telah lengkap, madrasah Anda telah siap untuk melaksanakan Simulasi.
Catatan :
  1. Sinkronisasi di atas hanya dilakukan sekali saat menjalankan VDI baru atau terjadi perubahahan data di PDUM.
  2. Untuk lanjut ujian antara mapel 1 ke mapel 2 tidak perlu lagi melakukan sinkronisasi.
  3. Jangan khawatir pada sikronisasi berulang-ulang, data sebelumnya tidak terhapus dan masih tetap ada di App UAMBNBK selama tidak ada perubahan data di PDUM .
  4. Proses sinkronisasi hanya bisa dilakukan jika Admin PDUM Kanwil Provinsi telah membuka/mengaktifkan proses sinkron di wilayah madrasah Anda berada. Kontak Kanwil jika sinkron masih ditutup/dinonaktifkan.
Intinya adalah, dalam proses penambahan dan pengurangan data harus di awali dari pangkal data terlebih dahulu yakni Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM). Baiklah sobat Kami Madrasah, untuk dapat menambahkan foto peserta UAMBN-BK, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019


Sobat Kami Madrasah, berikut adalah cara upload foto peserta UAMBN-BK Tahun 2019 yang dapat sobat ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  • Login ke PDUM Madrasah di http://sikurma.kemenag.go.id/pdum
  • Masukkan Username dan Password; User dan Password didapatkan dari Admin Kab/Kota.
  • Masuk Ke Menu Peserta UAMBN > Data Siswa. Lihat gambar berikut:
Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019
  • Klik Tanda + > klik Tombol edit (tombol yang berada di tengah)
  • Upload foto dengan klik Pilih Foto > Pilih foto sesuai peserta, lihat gambar berikut.
Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019

  • Jika Upload sudah berhasil klik Save.

Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019

Bagi Sobat Kami Madrasah yang masih kurang memahami tutorial diatas dapat langsung melihat tutorial dalam bentuk Videonya berikut ini:

Video Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019



Sampai langkah ini, upload foto Peserta UAMBN-BK telah selesai, proktor Madrasah tinggal mencetak kartu Ujian peserta yang juga dapat dilakukan melalui laman PDUM. Demikianlah informasi tentang Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK Tahun 2019, Semoga bermanfaat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.