Mengatasi Loading Saat Upload Template di E-Manja 2018/2019


Kami Madrasah – Sobat kami madrasah, mungkin ada beberapa dari sobat Operator Madrasah yang sedang mengalami kesulitan saat meng-upload template Capesun di EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) 2018/2019. Nah, kali ini kami akan membagikan Solusi atas permasalahan tersebut. Solusi ini merupakan pengalaman pribadi kami setelah gagal dalam proses upload data siswa.

Mengatasi Loading Saat Upload Template di E-Manja 2018/2019

Mungkin sobat mempunyai beberapa pertanyaan terkait Upload template di E-Manja, Kenapa saat upload loading terus? Apa server E-Manja sedang padat? Dan lain sebagainya. Nah disini bisa kami pastikan bahwa kondisi Server Emis sangat baik dan lancar. Sehingga permasalahan “loading terus” saat upload template murni disebabkan oleh kesalahan dalam format data template yang kita isikan, sehingga system database tidak mau menerima file csv yang kita upload.

Oke langsung saja, untuk mengatasi permasalahan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Unduh/Download template.
  • Isi Template dengan Data siswa CAPESUN sesuai Juknis pengisian Template.
  • Simpan Template tetap pada format xls.
  • Template .xls yang kita simpan tadi kita convert ke format CSV (Comma Separated Value) secara ONLINE, saya sarankan secara online. Sobat dapat Convert di disini >> https://www.aconvert.com/document/xls-to-csv/ dan Unduh hasil convert tersebut.
  • Selanjutnya, Disinilah letak kunci solusinya. Buka hasil convert csv yang telah kita unduh Menggunkan Notepad lalu periksa dan hapus beberapa hal berikut:
Catatan:
>> Hapus Tanda koma atas (‘) di NISN siswa, Tanggal Lahir, NIS, dsb.
>> Rubah Jika ada Spasi dua ketukan, jadikan satu ketukan saja.

Lihat Gambar Berikut:



  • Setelah selesai menghapus dua point diatas, Save as File Tetap Pada Format CSV.
  • Langkah terakhir, Upload ke Emis-Manajemen UN 2018/2019.
Catatan:
  • Membuka File CSV dengan Notepad BUKAN dengan Excel Bertujuan agar saat di Upload di Bion tidak muncul error "Data Telah Dirubah Secara Manual".
  • Stelah Sukses Upload File CSV ke E-Manja, Tunggu 1x24 Jam untuh Unduh File .ez, menunggu proses generate oleh Tim EMIS Pusat.
Semoga Solusi diatas bisa menjadi salah satu solusi yang patut dicoba diantara beberapa solusi yang juga sudah banyak beredar di group-group Whatsapp maupun Telegram. Selamat Mencoba.

Demikianlah informasi tentang Mengatasi Loading Saat Upload Template di E-Manja 2018/2019, semoga bermanfaat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

11 komentar

terima kasih atas ilmunya, alhamdulilah dengan cara ini berhasil

Alhamdulillah, senang bisa membantu.

mas nanya donk
knp wktu mengupload data siswa lama unggahannya

Ada kesalahan format penulisan template, Ikuti langkah-langkah diatas terkait pengisian template Emanja.

Udah ikut caranya, kenapa masih lelet loding saat upload data siswa?

Mohon solusi

Teliti kembali apa dalam penulisan di template masih terdapat koma atas dan spasi lebih.

Dimana letak kesalahannya, ketika menguploade ke bioun hasil validasi ada notifikasi " rombel+absen dobel"padahal sudah ditulis 01 karena hanya satu rombel dan absen berdasarkan dikelasnya, mohon solusinya???

Penulisan Rombel kelas bukan '01' tapi menggunakan 'kode' yang didapat/bisa dicopy dari menu rombel kelas di e-manajemen UN. (baca Juknis pengisian template).

saya masih sama muter muter lama aja

Pastikan penulisan benar sesuai juknis, dan tidak ada tanda koma atas, serta spasi yg berlebih. Dan terakhir lakukan step sebagaimana artikel di atas.