Download Panduan Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018


Kami Madrasah , Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan Panduan Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018. UAMBN dengan berbasis komputer ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan. Berbeda dengan UNBK, yang dilaksanakan dengan sistem semi-online, UAMBN-BK dilaksanakan dengan dengan basis komputer tetapi dengan sistem offline.

Aplikasi UAMBN-BK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer) adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah dengan menggunakan media komputer, dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Direktort Jenderal Pendidikan Islam.


Operator Pihak Madrasah merupakan “command center” yang mengatur data-data madrasah, data siswa yang mengikuti ujian, sinkronisasi dan kontrol ujian, berita acara, live score maupun pedoman scoring Untuk membuka aplikasi UAMBN-BK terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi browser (seperti Mozilla Firefox atau Google
Chrome) pada PC anda.

Panduan Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018

Daftar Menu Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018

Dalam Aplikasi UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2017-2018 terdapat beberapa Menu sera fungsi-fungsinya yang perlu sobat Kami Madrasah ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menu Beranda: Halaman beranda ini memuat panduan atau Pedoman Pengunaan Aplikasi UAMBNBK versi 1.0 bagi Pihak Madrasah. Ada 3 langkah penggunaan aplikasi ini yang pertama adalah mengisi Data Dasar yang meliputi nama kepala sekolah, ruang ujian, upload data siswa serta ruang per siswa
  • Menu Madrasah: Menu Madrasah adalah menu yang bertujuan untuk manajemen data madrasah yang diikut sertakan dalam proses ujian berbasis komputer. Menu tersebut terdiri dari Data Madrasah, Data Penjurusan. Masing-masing dari data dalam sub-menu tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.
  • Menu Siswa: Proses selanjutnya adalah menu SISWA, yang terdiri dari beberapa sub-menu yaitu Data Siswa, Upload Data Siswa, Penentuan Ruang, Pemaketan & Penjadwalan.
  • Menu Sinkronisaasi: Sinkronisasi adalah Akses secara bersama sama untuk berbagi atau bersama yang dapat mengakibatkan inkosistensi data. Pemeliharaan konsistensi data memerlukan mekanisme untuk memastikan eksekusi dari proses kerjasama Sinkronisasi merupakan suatu proses pengaturan jalannya beberapa proses pada waktu yang bersamaan untuk menyamakan waktu dan data supaya tidak terjadi inkonsitensi (ketidakkonsistenan) data akibat adanya akses data secara konkuren agar hasilnya bagus dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Disini sinkronisasi diperlukan agar data tersebut tetap konsisten.
  • Menu Proktor: Halaman ini merupakan “command center” atau pusat dari aplikasi dimana pada halaman ini didapati kontrol ujian, berita acara, live score maupun pedoman scoring.
  • Menu Silabus: Menu ini adalah untuk menentukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berdasarkan tingkat sekolah.
  • Manajemen USER: Menu Manajemen User, menu ini menyediakan fasilitas untuk Mengelola Data Pengguna, seperti merubah nama pengguna, merubah username dan merubah password. Berikut tampilan gambar di bawah ini.

Download Panduan Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018

Sobat Kami Madrasah, berikut adalah Panduan Penggunaan dan Instalasi aplikasi UAMBN-BK yang dapat sobat unduh melaui tautan berikut:

Panduan Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018
Panduan Instalasi Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018


Demikianlah informasi tentang Download Panduan Aplikasi UAMBN-BK Tahun 2017-2018, semoga bermanfaat untuk Madrasah Hebat Bermartabat.


6 komentar

assalamualaikum

bagaimana cara mendapatkan aplikasinya pak ?

Wa'alaikum Salam Wr. Wb.

Aplikasi UAMBN-BK didapatkan dari Kanwil turun ke Kab/Kota baru ke tiap Satuan Pendidikan.
Ditunggu saja Pak!

Terima kasih sudah berkunjung.

maaf mau tanya, untuk mendapatkan aplikasi UAMBN-BK gmn ya min???

ada gak cara download paling mudah/sederhana