Cara Install Aplikasi UAMBN-BK Client Tahun 2018


Sobat Kami Madrasah – Sebagaimana kita tahu bersama bahwa Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) pada tahun 2018 ini dilaksanakan dengan menggunakan media komputer, Metode ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan UNBK. Yakni menggunakan metode Offline, namun Topologi yang digunakan sama dengan UNBK.

https://kamimadrasah.blogspot.co.id/


Dengan pelaksanaan UAMBN dengan basis Komputer serta baru pertama kali dilaksanakan, mungkin masih terdapat kebingungan dikalangan operator madrasah untuk dapat melakukan penataan jaringan serta mempersiapkannya. Oleh karenanya, kami mencoba membantu dengan memberikan Tutorial Cara Install Aplikasi UAMBN-BK Client (siswa).

Berikut adalah Cara Install Aplikasi UAMBN-BK Client (siswa), untuk dapat melakukan Instalasi aplikasi client UAMBN-BK sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Pertama

Pada langkah pertama ini, ada beberapa hal yang perlu sobat pastikan antara lain sebagai berikut:
  1. Pastikan NET. Frame Work Versi  4.5.2 sudah terinstall di Laptop/PC Client (siswa). 
  2. Jika Belum sobat dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini >>> Download NET. Frame Work Versi  4.5.2.
Setelah proses instalasi NET. Frame Work Versi  4.5.2 telah selesai, maka langsung pada langkah berikutnya. 

Namun jika NET. Frame Work Versi  4.5.2 sebelumnya sudah terinstal maka abaikan langkah pertama ini.

Langkah Kedua

Langkah kedua adalah melakukan instalasi Aplikasi UAMBN-BK Client, dengan cara Klik 2x Pada aplikasi UAMBN-BK Client. Jika Belum punya, sobat dapat mengunduhnya melalui tautan berikut >>> Download Aplikasi UAMBN-BK Client.

Langkah Ketiga

Langkah ketiga ini setelah instalasi selesai kemudian cari program “SEB Config Tool” berfungsi untuk mengatur IP Address client dengan asumsi harus sama dengan IP Proktor.

Untuk lebih Jelasnya lihat Gambar berikut:
  • Cari dan Buka “SEB Config Tool”


  • Klik General


  • Pada Kolom URL, ketikkan URL berupa IP Komputer Server (localhost) atau Copy Paste URL berikut:
http://192.168.0.200:2711
Keterangan:
  1. Warna Biru merupakan IP Server (Localhost) Proktor
  2. Warna Merah adalah Port UAMBN-BK
Catatan:
Atur IP Address server pada kolom Star URL contoh “192.168.0.202:2711” IP tersebut adalah IP yang terdapat pada computer proktor yang harus di isi pada computer client/siswa. Kemudian angka “:2711” adalah port UAMBNBK angka tersebut harus di tulis di belakang IP server. Jika pengaturan IP server telah di lakukan kemudian Simpan atau Save, yaitu pilih menu file > Save Settings atau tekan CTRL+S.

Langkah Keempat

Langkah ini merupakan langkah terakhir, yakni membuka Safeexambrowser, jika Safeexambrowser sudah dapat terbuka dan menampilkan halaman login UAMBN-BK terlihat, maka proses instalasi Aplikasi UAMBN-BK Client (siswa) telah Berhasil. Selamat.

Demikianlah informasi tentang Cara Install Aplikasi UAMBN-BK Client (siswa), semoga ada guna dan manfaatnya untuk sobat Kami Madrasah. Dan Jangan lupa Bahagia.

Sekian Tutorial ini, Selamat mencoba dan terima kasih, jika masih ada kendala silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

14 komentar

pada komputer clien setelah login dan klik mulai, kenapa selalu muncul dialog box dengan tulisan "Failed to connect to server, press ok to retry". dan pesan ini muncul terus menerus walaupun sudah di klik ok

Kalau madrasah yang menggabung upload data siswa gimana ya??
Apakah masuk di data (excel) madrasah tempat ujian digabungi atau mandiri?
Mohon panduannya

Upload melalui akun madrasah yg digabungi, dgn tools tambah data siswa. Nanti otomatis siswa akan terbedakan oleh sistem melalui kolom NPSN.

Menu tambah data siswa (ketik manual) atau upload format .xlsx?
Mohoonnn bantuannya sangat

Ketik manual di format xls yg diunduh melalui web UAMBK online, kemudian serahkan ke sekolah yg digabungi utk di uploadkan melalui tools tambah siswa pak.

Jadi nanti madrasah yg digabungi uploadnya xls yg saya serahkan pak ya?

Iya betul, tapi jangan lupa format xls ambil/Unduh dari web online UAMBK.

Tutup aplikasi dan ekstrak mscvp110.dll lalu Copykan file
mscvp110.dll dan file
mscvr110.dll KE
C:/UAMBN￾BK/bin/php/Php-5.5

saya termasuk madrasah yang di gabungi..
setelah upload data siswa spt tersebut di atas
di penjadwalan data siswa menjadi acak dan kita tidak bisa
mengelompok kan siswa penggabung dengan siswa kita sendiri..
mohon solusi ...

saya tidak bisa log in di exambrows client, keterangan password tidak valid, pada hal sudah berkali kali saya masukkan pasword sesuai yg ada di kartu ujian

Cetak kartu peserta melalui aplikasi offline dan perhatikan huruf besar kecil, angka, tanda, dan lain-lain pada password.

Tolong para suhu, bagaimana seting client UAMBN pada windows XP, ketika diinstall maka tidak akan berhasil walaupun sudah diinstall frame works 4.5

Msalah ini sudah teratasi pak.. Sekarang muncul masalah baru setelah update aplikasi terbaru v 1.4

Jadi masalahnya setelah login di komputer client, yg muncul malah halaman kosong. Tidak muncul halaman pilihan mapel. Jadi cuma kosong saja putih.. Mohon solusinya.. Trims

This comment has been removed by the author.