Aplikasi Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024

Seleksi akademik PPG Daljab Kemenag 2024 dilaksanakan secara daring berbasis domisili menggunakan aplikasi seleksi PPG Dalam Jabatan. Sehingga seluruh peserta diwajibkan untuk mempersiapkan perangkat yang akan digunakan secara mandiri serta melakukan Instalasi aplikasi SEB Pretest PPG Kemenag 2024.


Artikel berikut ini akan menguraikan tentang panduan instalasi dan konfigurasi Aplikasi Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024 serta panduan penggunaannya bagi calon mahasiswa pendidikan profesi guru dalam jabatan yang telah terpilih untuk mengikuti seleksi akademik PPG 2024.

Aplikasi Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024

Oleh karena itu, peserta pretest PPG madrasah wajib untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk kelancaraan dalam mengikuti ujian seleksi akademik (USKA) PPG Daljab 2024.

Spesifikasi Minimal Perangkat Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024


Perangkat digunakan oleh peserta untuk mengikuti ujian dan mengakses soal-soal yang diberikan oleh Kemenag pusat melalui Aplikasi Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024. Adapun ketentuan spesifikasi minimal perangkat yang harus disediakan oleh peserta adalah sebagai berikut: 

  • Laptop, dengan rincian sebagai berikut; Layar minimal 10 inc, Operating System (OS) Windows versi 8 32 bit atau Mac. OS versi 10, RAM 2 Gb, 10 GB Storage, Adio yang berfungsi dengan baik, Baterai dalam kondisi baik (dapat disiapkan charger).
  • Handphone (HP) yang sudah terinstall aplikasi Whatsapp dan Zoom Meeting. sebagai catatan nama pada aplikasi zoom wajib disesuaikan dengan nama lengkap peserta Seleksi Akademik.
  • Handphone dengan kuota internet minimal 10GB dan internet stabil.

Apabila terjadi gangguan pada server ujian (pusat), maka panitia akan menginformasikan keadaan tersebut kepada peserta ujian seleksi akademik PPG dan menghentikan pelaksanaan ujian selama maksimal 60 menit.

Dan jika dalam kurun waktu tersebut masalah gangguan server tersebut tidak dapat diatasi, maka pelaksanaan ujian seleksi akademik akan ditunda dan proses selanjutnya akan diinformasikan melalui pengumuman lewat media group whatsapp.

Baca Juga: Linieritas Kualifikasi Ijazah S1 dengan Prodi PPG Madrasah

Selain itu, jika terjadi gangguan putus koneksi pada laptop peserta seleksi akademik PPG Daljab 2024 atau HP peserta pada saat ujian sedang berlangsung, maka peserta diberi waktu untuk mengatasi gangguan yang terjadi dalam waktu maksimal 10 menit.


Apbila peserta dalam waktu yang telah diberikan tidak dapat menyelesaikan gangguan yang disebabkan oleh perangkat yang digunakan maka peserta TIDAK diperbolehkan melanjutkan ujian pretest PPG Daljab Kemenag 2024.

Download Aplikasi Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024


Aplikasi Seleksi Akademik (Pretest) PPG Kemenag 2024 dapat bapak/ibu unduh dalam tautan berikut ini:

Demikianlah informasi tentang Aplikasi Pretest PPG Daljab Kemenag Tahun 2024, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta membantu peserta USKA PPG Kemenag dalam mempersiapkan diri mengikuti ujian.