Kisi Kisi Seleksi Akademik PPG Daljab Kemenag 2024

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah kini kembali membuka pendaftaran seleksi akademik (pretest) PPG Dalam Jabatan bagi guru madrasah dengan SK mengajar paling lama 31 Desember 2015.


Pendaftaran seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2024 dibuka mulai 19 s.d 23 Februari 2024 melalui laman Simpatika Kemenag.

Hal tersebut sebagaimana Surat Edaran Pelaksana Tugas Direktur GTK Madrasah Nomor B-54/DJ.I/Dt.I.II/KU.05/02/2024 tertanggal 19 Februari 2024 tentang pembukaan pendaftaran Seleksi Akademik Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2024.

Kisi Kisi Seleksi Akademik (pretest) PPG Daljab Kemenag

Dalam Edaran tersebut, disebutkan tentang ketentuan umum pelaksanaan Ujian Seleksi Akademik PPG Kemenag 2024, persyaratan calon pendaftar, serta daftar mata pelajaran yang dibuka untuk diikuti oleh guru madrasah.

Dalam proses pendaftaran, guru perlu memperhatikan linieritas ijazah S1 dengan prodi PPG. Oleh karena itu, silahkan baca linieritas ijazah S1 dengan prodi PPG Kemenag Terbaru.

Bagi guru madrasah yang memiliki SK sesudah 31 Desember 2015, dan sudah pernah mengikuti pretest PPG serta di nyatakan lulus ataupun belum, maka tampilan Simpatika sementara akan berubah menjadi tidak layak (checklist kelayakan silang merah).

Sebaliknya bagi guru madrasah yg memiliki SK guru sebelum 31 Desember 2015 baik sudah atau belum pernah mengikuti Ujian Seleksi Akademik PPG dan dinyatakan lulus ataupun tidak, tampilan menu PPG Daljab akan muncul menu ajuan bagi yang belum pretest atau tombol ikut PPG bagi yg sudah ikut dan lulus pretest.

Ketentuan Calon Peserta Seleksi Akademik PPG Daljab Kemenag 2024


Adapun ketentuan guru madrasah yang akan mengikuti Seleksi Akademik (Pretest) PPG Daljab Kemenag Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

  • Terdata aktif di laman Simpatika Kemenag sebagai guru tetap dengan Satminkal. di Madrasah;
  • Belum pernah ikut dalam program sertifikasi guru dan memiliki sertifikat pendidik;
  • Memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4 yang linier dengan mata pelajaran PPG yang dipilih sesuai dengan regulasi linieritas, Baca terkait Linieritas disini;
  • Memiliki Nomor Pendidik Kemenag (NPK);
  • Memiliki SK guru dengan TMT maksimal 31/12/2015;
  • Berusia maksimal 58 tahun pada Februari 2024.

Selengkapnya terkait ketentuan umum pembukaan pendaftaran pretest PPG Kemenag 2024, silahkan unduh surat edarannya disini: Unduh File.

Baca Juga: Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan (S37) di Simpatika

Kisi kisi Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Kemenag 2024


Bagi guru madrasah yang akan mengikuti Ujian Seleksi Akademik (USKA) PPG Daljab 2024, dapat mempelajari kisi kisi ujian seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru Madrasah berikut ini: Unduh File

Demikianlah informasi tentang kisi-kisi Seleksi Akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kementerian Agama RI Tahun 2024.