Latihan Soal KSM jenjang MI MTs dan MA

Latihan Soal KSM jenjang MI MTs dan MA ini dapat dijadikan sebagai bahan belajar para peserta didik yang akan mengikuti gelaran Kompetisi Sains Madrasah 2023 tingkat Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan pada 1 s.d 3 Juli 2023 dan tingkat provinsi pada 5 s.d 6 Agustus 2023.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI tersebut merupakan ajang kompetisi dengan sistem gugur. Peserta yang dapat melanjutkan ke tingkat selanjutnya merupakan pemenang pada KSM tingkat dibawahnya.


Pendaftaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 dapat dilakukan oleh sekolah/madrasah melalui laman resmi pelaksanaan KSM di ksm.kemenag.go.id.

Oleh karena itu, untuk mengikuti KSM Tahun 2023 ini, para peserta perlu mempersiapkan diri dengan cara melatih kemampuan dalam mengerjakan soal-soal KSM.

Latihan Soal KSM jenjang MI MTs dan MA
 
Dalam artikel ini telah disediakan contoh soal KSM yang dapat dijadikan sebagai bahan latihan sebelum mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023.

Latihan soal KSM jenjang MI MTs dan MA berikut ini tersedia untuk tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, sehingga dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya baik oleh peserta KSM maaupun guru pembina.

Namun yang perlu ini diingat bahwa Latihan Soal KSM jenjang MI MTs dan MA ini merupakan sarana untuk latihan, sehingga contoh Soal-saol KSM bukan soal resmi KSM 2023, namun hanya sekedar sarana untuk latihan dan belajar dalam menghadapi gelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kemenag.

Latihan Soal KSM jenjang MI MTs dan MA tingkat Kab/Kota dan Provinsi


Soal KSM disusun berdasarkan integrasi antara sains dan Islam, dan integrasi keislaman yang ditawarkan dalam penyusunan soal KSM meliputi 4 unsur berikut ini:
  • Penyusunan soal-soal KSM terkait Soal sains dalam Kompetisi Sains Madrasah yang terintegrasi dengan keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan dituangkan dalam soal yang ada dalam al-Qur'an.
  • Soal sains dalam gelaran KSM dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam, seperti zakat, infaq, dan dalak yang dihubungkan dengan sains ini dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan konsep sains yang holistik.
  • Soal Kompetisi Sains Madrasah Kemenag meliptui keilmuan sains murni, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Kementerian Agama untuk tetap mensejajarkan antara siswa-siswi madrasah dengan siswa-siswi olimpiade sains lainnya.
  • Soal dapat menggunakan 3 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

Contoh soal KSM mengacu pada kisi-kisi kompetisi sains madrasah sebagaimana Juknis KSM, untuk Petunjuk Teknis KSM Tahun 2023, silahkan unduh disini: Unduh File.

Selengkapnya terkait latihan soal KSM, silahkan unduh melalui tautan link dibawah ini:

  • Soal KSM MI tingkat Kab/Kota, Provinsi, dan Nasional Unduh
  • Latihan Soal KSM tingkat Kabupaten/Kota Unduh
  • Latihan Soal KSM tingkat Provinsi Unduh
  • Latihan Soal KSM tingkat Nasional Unduh

Itulah tadi informasi terkait Latihan Soal KSM jenjang MI MTs dan MA tingkat Kab/Kota, Provinsi, dan Nasional. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai media belajar dan berlatih calon peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023.