Soal PAT Matematika Kelas 9 Beserta Kisi-kisi dan Kunci Jawaban

Soal PAT Matematika Kelas 9 dapat dipergunakan sebagai instrumen penilaian akhir tahun dengan materi yang mencakup lima semester.

Dalam soal PAS Matematik kelas 9 SMP/MTs ini sudah dioengkapi dengan kisi-kisi, kartu soal, dan kunci jawaban. Oleh karena itu, guru hanya perlu melakukan validasi kesesuaian soal dengan materi pembelajaran yang telah dicapai.

Penilaian akhir tahun atau PAT merupakan kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik di akhir tahun pelajaran.

Soal PAT Matematika Kelas 9 Beserta Kisi-kisi dan Kunci

Terdapat perbedaan antara pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan Penilaian Akhir Semester (PAS) meskipun waktu pelaksanaannya hampir berdekatan. soal-soal PAT kelas 9 mencakup materi selama 3 tahun pelajaran, sedangkan soal-soal PAS mencakup materi satu tahun pelajaran.

Perbedaan lainnya, PAT dipergunakan sebagai proses evaluasi akhir di tingkat akhir pendidikan suatu mata pelajaran tertentu, sedangkan PAS hanya mengevaluasi ketercapaian kompetensi peserta didik pada satu tingkat di jenjang pendidikan tertentu.

Aspek penilain dalam PAT mencakup seluruh materi matematika kelas 7, 8, dan 9 yang telah diajarkan. Sehingga Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika berfungsi untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi yang diharapkan.

Download Kisi-kisi Dan Soal PAT Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 beserta Kunci Jawaban


Soal PAT Matematika Kelas 9 terdiri dari 50 soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Sedangkan file soal dan kisi-kisi dalam bentuk word sehingga mudah digunakan dan disesuaikan.

Silahkan download Soal PAT Matematika Kelas 9 SMP/MTs Terbaru 2022 dalam tautan berikut ini:

  • Kisi-kisi soal PAT Matematika kelas 9 Unduh
  • Soal PAT Matematika kelas 9 Unduh

Dalam setiap butir soal PAT Matematika kelas 9 ini terdapat lembar analisis standar kompetensi lulusan (SKL) dan indikator pencapaiannya. Dari kedua komponen tersebut menghasilkan kisi-kisi soal yang kemudian dibuatlah butir soalnya.

Sehingga dalam artikel ini, admin kamimadrasah.id membagikan soal penilaian akhir tahun lengkap beserta SKL, Indikator, Kisi-kisi, kunci jawaban dan soal PAT Matematika Kelas 9 terbaru 2022.

Baca Juga:


Demikianlah informasi tentang Soal PAT Matematika Kelas 9 + Kisi-kisi dan Kunci Jawaban, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.