Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru 2022

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 Terbaru 2022 merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru 2022 secara resmi dipublikasikan pada Tahun 2022 dan ditandatangani oleh Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbud pada September 2022, Drs. Zulfikri Anas, M. Ed.


Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013
 
Pembelajaran Kurikulum 2013 (K13) yang dimaksud meliputi aktivitas menganalisis Kompetensi Dasar dan cara mencapai Kompetensi Dasar tersebut sebagai tujuan pembelajaran. Sementara itu, asesmen merupakan aktivitas selama proses pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar (KD).

Dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus, di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung.

Oleh karena itu, yang paling utama ialah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Dalam Kurikulum 2013, ditetapkan Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar (KI/KD) yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler sekolah.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis Kompetensi Dasar, merumuskan tujuan pembelajaran secara mandiri dan menyusun alur tujuan pembelajaran.

Baca Juga: Kurikulum PAI Dengan Model Kurikulum Integratif

Hal tersebut dapat dilakukan oleh sekolah yang memilih untuk melakukannya. Selain itu, juga mengembangkan langkah langkah pembelajaran yang terdiferensiasi, serta mengembangkan asesmen pada awal dan akhir pembelajaran yang dikemas dalam dokumen perencanaan pembelajaran.

Baca Juga: Pedoman Pembelajaran Informatika SD/MI SMP/MTs dan SMA/MA

Perencanaan dan pelaksanaan asesmen dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan kemudian pelaporan hasil penilaian atau asesmen. Nah, pada Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 ini difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler sekolah.

Download Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru 2022


Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru 2022 ini merupakan penyempurnaan panduan pembelajaran dan panduan penilaian berdasarkan standar proses dan standar penilaian pendidikan yang baru.

Silahkan unduh Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru 2022 disini: Unduh File.

Semoga dengan adanya panduan ini dapat mendorong pendidik untuk melakukan pembelajaran dan asesmen yang berpusat dan berpihak pada peserta didik.

Sekian informasi tentang Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
Kami_madrasah