Tata Tertib Peserta KSM Tahun 2022

Tata Tertib Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 tertuang di dalam Juknis KSM Tahun 2022 untuk mengatur teknis pelaksanaan gelaran kegiatan KSM.

Kompetisi Sains Madrasah atau yang sering disingkat sebagai KSM merupakan agenda kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat KSKK Madrasah untuk meningkatkan kemampuan siswa madrasah dalam bidang sains.

Pelaksanaan KSM Tahun 2022 dapat diikuti oleh seluruh siswa madrasah pada jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Jadi, secara umum Kompetisi Sains Madrasah dapat diikuti oleh siswa baik dari naungan Kemenag maupun Kemendikbudristek yang memenuhi persyaratan menjadi peserta KSM.


Tata Tertib Peserta KSM Tahun 2022

Dengan adanya tata tertib peserta KSM Tahun 2022 ini diharapkan pelaksanaan kompetisi dapat berjalan secara fair dan adil bagi seluruh peserta, sehingga tidak terjadi kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagi peserta KSM 2022 yang melanggar tata tertib KSM Tahun 2022 ini akan di diskualifikasi oleh tim juri/panitia dan tidak dapat mengikuti rangkaian kegiatan kompetisi sains madrasah.

Nah, apa saja tata tertib peserta KSM Tahun 2022 yang harus diketahui dan di pahami oleh seluruh siswa-siswi yang akan mengikuti kompetisi sains madrasah 2022? Simak ulasannya berikut ini.

Tata Tertib Peserta KSM Terbaru 2022


  1. Peserta hadir 30 menit sebelum pelaksanaan ujian di laksanakan;
  2. Peserta dipersilahkan menyiapkan alat tulis seperti: pulpen, pensil, kertas polos, dan penghapus;
  3. Melakukan tes uji coba KSM sesuai jadwal untuk memastikan bahwa aplikasi dapat digunakan;
  4. Peserta menginputkan nomor peserta dan password yang telah disediakan pada Nomor peserta;
  5. Peserta mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar monitor komputer;
  6. Peserta tidak diperbolehkan meninggalkan tempat atau perangkat tes pada saat ujian berlangsung (out kamera) tanpa izin dari pengawas/komite KSM;
  7. Peserta tidak diperbolehkan mengakhiri kegiatan lebih awal;
  8. Peserta memakai seragam madrasah/sekolah masing-masing pada saat mengikuti tes;
  9. Peserta melakukan rekam wajah pada aplikasi CBT KSM dengan menunjukkan identitas peserta;
  10. Peserta dapat mulai mengerjakan soal KSM setelah mengeklik tombol mulai;
  11. Peserta menjawab butir soal dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban yang tersedia serta mengisi jawaban pada soal essay singkat;
  12. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik/mengisi jawaban lain yang dianggap benar;
  13. Peserta dapat mengecek kelengkapan jawaban di daftar soal pada layar monitor. Soal ditandai dengan warna hijau untuk soal yang sudah dikerjakan, dan berwarna abu-abu untuk soal yang belum dikerjakan.
  14. Pelaksanaan tes KSM akan secara otomatis berhenti saat waktu habis/berakhir;
  15. Peserta melakukan logout pada aplikasi KSM sebelum menutup aplikasi CBT KSM 2022;
  16. Peserta dilarang: Digantikan orang lain; Menerima bantuan dari orang lain; Memakai alat bantu yang dilarang seperti alat komunikasi, kalkulator, dan lain-lain; Membaca referensi seperti buku, kamus, catatan, tabel, dan lain-lain; Terdapat orang lain di sekitar peserta; Tidak terlihat pada kamera/webcam; Pakaian tidak sesuai/kurang sopan.
  17. Peserta menyetujui syarat dan ketentuan pelaksanaan KSM; dan peserta yang tidak mengikuti atau peserta yang melakukan kecurangan/pelanggaran akan didiskualifikasi.

Terkait tata tertib peserta kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022 diatas, silahkan unduh dalam Juknis KSM 2022 disini.

Itulah tadi Tata Tertib Peserta KSM Tahun 2022 yang harus diketahui dan dipahami, selamat berkompetisi untuk seluruh siswa-siswi madrasah/sekolah, teguhkan prestasi bangkitkan negeri.
Kami_Madrasah