Langkah Verval NSM di Simpatika Kemenag Terbaru

Verval NSM di Simpatika menjadi salah satu penekanan terkait langkah-langkah dalam mengelola dan memutakhirkan data madrasah pada semester 2 Tahun 2022. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam Surat Edaran Dirjen Pendis tentang pemutakhiran data Simpatika terbaru 2022.

NSM merupakan kepanjangan dari Nomor Statistik Madrasah yang terdiri dari 12 digit angka dan bersifat unik, sehingga setiap madrasah memiliki NSM yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Salah satu tahapan dalam pengelolaan data madrasah di layanan simpatika kemenag adalah dengan melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian data NSM antara Emis Madrasah dan Simpatika Kemenag. Sehingga diperlukan adalah langkah Verval NSM oleh admin simpatika di tingkat Madrasah.


Langkah Verval NSM di Simpatika Kemenag Terbaru

Verval NSM ini bersifat wajib, sehingga bagi madrasah yang dinyatakan tidak aktif Nomor statistik madrasahnya akan dinonaktifkan hingga madrasah tersebut nantinya kembali di nyatakan aktif.

Tentu saja, hal tersebut juga akan berdampak pada GTK Satminkal dibawah naungan madrasah yang di nonaktifkan sehingga tidak dapat melakukan proses aktifasi akun PTK nya.

Baca Juga: SE Pengelolaan Data Simpatika Semester Genap TP. 2021/2022

Sebalinya, bagi madrasah yang telah dinyatakan valid data NSMnya tidak perlu lagi melakukan aktivitas Verval NSM dan konfirmasi data Nomor Statistiknya di layanan Simpatika Kemenag.

Cara Verval NSM di Layanan Simpatika Kemenag


Untuk dapat melakukan verval Nomor Statistik Madrasah (NSM) melalui layanan Simpatika atau melakukan cek data apakah NSM madrasah kita perlu dilakukan Verifikasi dan Validasi atau tidak, silahkan ikuti langkah-langkah singkat dan mudah berikut ini:

  1. Login sebagai Admin Madrasah di Simpatika Kemenag
  2. Kemudian klik pada layanan Madrasah
  3. Selanjutnya apabila muncul Notifikasi sebagaimana gambar berikut ini maka lakukan Verval NSM dengan memasukkan NSM > klik Cari data, apabila tidak muncul maka tidak perlu melakukan Verval NSM (sebagaimana pantauan admin disalah satu akun simpatika madrasah sampai tulisan ini dipublikasikan, jika tidak muncul silahkan tunggu hingga tanggal 01 Februari 2022).
    Verval NSM di Simpatika Kemenag Terbaru
    Notifikasi Verval NSM di Layanan Kemenag

  4. Setelah itu akan muncul data NSM antara di Simpatika dan Emis Madrasah, jika data cocok dan Valid, klik Simpan.
    Verval NSM di Simpatika Kemenag Terbaru
    Masukkan NSM > Klik Cari Data
    Verval NSM di Simpatika Kemenag Terbaru
    Cek Kesesuaian Data NSM Emis dan Simpatika
Itulah tadi Langkah Verval NSM di Simpatika Kemenag Terbaru, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.