Pedoman Pengambilan Data Emis RA Untuk Sispena BAN-PAUD

Sinkronisasi data Emis RA dengan Sispena BAN-PAUD berkaitan dengan penarikan data di Emis 4.0 RA (Raudlatul Athfal) yang ditarik ke Sispena (sistem penilaian akreditasi) untuk kepentingan akreditasi jenjang PAUD pada Raudlatul Athfal (RA).

Raudlatul Athfal (RA) yang menjadi sasaran akreditasi oleh BAN-PAUD harus melengkapi data-data sesuai dengan kebutuhan data pada Sispena BAN-PAUD, sehingga dengan melengkapi data pada Emis 4.0 satuan pendidikan RA juga secara sistem telah melengkapi data di Sispena sebagai bagian kelengkapan data Akreditasi.


Data RA sasaran akreditasi di Emis 4.0 ini nantinya secara otomatis akan ditarik oleh sispena BAN-PAUD, sehingga lembaga RA hanya tinggal melengkapi data di Sispena yang tidak diambil dari Emis 4.0.

Pedoman Pengambilan Data Emis 4.0 RA Untuk Sispena BAN-PAUD

Terdapat beberapa data di Emis 4.0 Raudlatul Athfal (RA) yang nantinya ditarik dan disinkronisasi dengan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) BAN-PAUD Kemdikbud. Data-data tersebut antara lain sebagai berikut:

Jenis Data Emis 4.0 RA Untuk Kebutuhan SISPENA BAN-PAUD


1. Profil satuan pendidikan

Informasi Profil Satuan Pendidikan pada SISPENA mengambil data dari menu Kelembagaan submenu Profil yang terdapat di Aplikasi EMIS.

Baca Juga: Dokumen 1 Kurikulum PAUD (TK/RA) K13 Terbaru

2. Layanan Menurut Kelompok Usia

Selanjutnya, data pada Emis 4.0 Raudlatul Athfal (RA) yang ditarik ke Sispena BAN-PAU adalah data terkait layanan menurut Kelompok Usia. Data layanan menurut Kelompok Usia pada sispena mengambil data dari tanggal lahir peserta didik yang ada di aplikasi EMIS.

Perubahan data tanggal lahir siswa pada Emis 4.0 dapat dilakukan melalu akun Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (Verval-PD) Pusdatin Kemendikbud.

Baca Juga: KMA 792 Tahun 2018 (Implementasi Kurikulum Raudlatul Athfal)

3. Pendidik & Tenaga Kependidikan (GTK)

Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada sispena mengambil data dari Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Raudlatul Athfal (RA) di Emis 4.0 yang meliputi data-data sebagai berikut:

  • Profil Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
  • Tugas utama GTK
  • Status Dan Riwayat Kepegawaian
  • Pendidikan Formal GTK RA
  • Training/Diklat yang telah diikuti

4. Data Sarana Prasarana Emis 4.0 Raudlatul Athfal (RA)

  • Ketersediaan Sarana bermain; diambil pada sub menu Asset Tetap > submenu Sarana Bermain dan Fasilitas Tumbuh Kembang Anak.
  • Ketersediaan Sarana Umum, diambil dari menu; 1) Air Sanitasi (Air, jamban/toilet, fasilitas cuci tangan), 2) Sumber Penerangan dan Internet.
  • Data Luas lahan dan status lahan; diambil dari menu asset tetap > lahan.
  • Data Prasarana diambil dari Asset tetap > Gedung dan Asset tetap > Ruangan (ketersediaan ruang bermain/belajar).

Download Pedoman Pengambilan Data Emis 4.0 RA untuk Sispena BAN-PAUD


Secara lebih rinci, silahkan Bapak/Ibu Kepala atau Guru pada jenjang Raudlatul Athfal (RA) dapat mengunduh Pedoman Pengambilan Data Emis 4.0 RA untuk Sispena BAN-PAUD dapat mengunduhnya Disini.

Demikianlah informasi tentang Pedoman Pengambilan Data Emis 4.0 RA Untuk Sispena BAN-PAUD, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.