Panduan Pengisian PDSS SNMPTN di LTMPT 2021

Pengisian PDSS SNMPTN oleh sekolah wajib dilakukan sebagai syarat sekolah untuk mendaftarkan siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri melalui Jalur SNMPTN Tahun 2021. Seperti Tahun-tahun sebelumnya, Tahun 2021 ini pengisian PDSS juga menjadi syarat bagi sekolah untuk kelengkapan data SNMPTN 2021.

Panduan pengisian PDSS yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. Sekolah harus memastikan batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik, waktu yang disediakan.


Selain itu, hindari untuk mengisi PDSS SNMPTN 2021 di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem karena terlalu banyak yang mengakses laman PDSS SNMPTN 2021.

PDSS (Pangkalan data sekolah dan siswa) adalah basis data yang memuat rekam jejak sekolah dan nilai penilaian hasil belajar (raport) siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021. PDSS juga mengakomodasi KTSP dan K13 (system paket dan SKS).

Panduan Pengisian PDSS SNMPTN 2021

Untuk pengisian PDSS SNMPTN 2021, tahapan yang harus dilakukan oleh sekolah dalam Pengisian PDSS adalah sebagai berikut:

  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  2. Pastikan bahwa anda telah menyelesaikan tahapan Penetapan Siswa Eligible sebelumnya. Jika anda belum melakukannya, silakan menyelesaikannya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan di https://www.ltmpt.ac.id/ atau dapat melalui tautan berikut https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11.
  3. Jika tahapan 2 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah mengisikan jenis studi per Siswa per Jurusan.
  4. Definiskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.
  5. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  6. Lakukan finalisasi data kurikulum. Perlu diingat bahwa setelah melakukan finalisasi, sekolah sudah tidak bisa lagi mengubah jenis studi siswa maupun kurikulum dan mata pelajar lagi. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  7. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
  8. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini.

Download Panduan Cara Pengisian PDSS 2021 di LTMPT


Secara rinci, silahkan unduh Panduan Cara Pengisian PDSS 2021 di LTMPT disini: Download Panduan PDSS di LTMPT 2021.

Baca Juga: Persyaratan dan Jadwal SNMPTN, SBMPTN dan UTBK Tahun 2021

Masa pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021 di LTMPT adalah tanggal 11 Januari 2021 s/d 8 Februari 2021. Untuk itu, diharapkan sekolah dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan tahapan pengisian PDSS.

Demikianlah informasi tentang Panduan Pengisian PDSS di LTMPT Tahun 2021, semoga bermanfaat bagi sekolah.