Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan secara nasional. AKM itu sendiri diharapkan dapat menggantikan peran Ujian Nasional (UN) yang telah resmi dihapuskan.

Calon Peserta AKM ialah siswa di kelas 5 untuk tingkat SD/MI, kelas 8 untuk SMP/MTs, dan kelas 11 untuk SMA/MA dan SMK/MAK. AKM itu sendiri menggantikan peran UN dalam hal fungsinya sebagai alat untuk pemetaan mutu pendidikan nasional.


Baca Juga: Juknis Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AKM) Tahun 2021

Namun, AKM sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) ini tidak berfungsi sebagai penentu kelulusan siswa. Selain itu, jika Ujian Nasional (UN) diikuti oleh siswa ditingkat akhir ditiap jenjangnya, berbeda halnya dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diikuti oleh siswa kelas 5 untuk tingkat SD/MI, kelas 8 untuk SMP/MTs, dan kelas 11 untuk SMA/MA dan SMK/MAK.

Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA

Untuk dapat melakukan cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa data siswa telah diinput di EMIS Madrasah / Dapodik dan sudah Sinkronisasi. Sehingga akan akan muncul pada laman pd.data.kemdikbud.go.id sebagai calon peserta AKM.

Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021


Untuk dapat melakukan Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021 apakah sudah masuk dalam server terintegrasi atau belum, silahkan Bapak/Ibu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke laman pd.data.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password yang sama ketika login ke Vervalpd (NISN).
  2. Setelah berhasil login, Setelah berhasil login, akan terbuka halaman beranda yang berisikan menu; Rangkuman, Tingkat Akhir, PD AKM, Peserta Didik, Residu, Unduh Akun. (seperti pada gambar berikut) 
    Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA
    Halaman beranda pd.data.kemdikbud.go.id

  3. Selanjutnya klik Menu PD AKM
  4. Disini akan muncul daftar siswa yang akan menjadi Peserta Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Tahun 2021.

Laman ini, selain berfungsi untuk melihat Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021, juga dapat digunakan untuk melihat siswa tingkat akhir, dan residu, serta kelengkapan data seluruh peserta didik.

Demikianlah informasi tentang Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021, semoga bermanfaat.
Kamimadrasah