Verval Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0

Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0 yang sebelumnya dilakukan melalui laman web e-ponsel, namun mulai tahun 2021, verifikasi dan validasi (Verval) Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah melaui laman emis.kemenag.go.id.


Pelaksanaan Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0 merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 ini. Sehingga Operator Lembaga Emis 4.0 wajib mengisikan nomor Handphone siswa madrasah.

Emis 4.0 itu sendiri, merupakan aplikasi pendataan madrasah yang menggantikan Emis Online dan Emis Feeder (AFE) yang mulai dipergunakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini. Meskipun dalam peluncuran Emis 4.0 ini masih banyak ditemui kendala ditingkat madrasah dengan permasalahan yang relatif dengan tahun-tahun sebelumnya.

Verval Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0

Untuk melakukan Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0, alur pengerjaannya dimulai dari operator madrasah yang mengisikan Nomor ponsel (Handphone) siswa madrasah melalui data detail siswa di Emis 4.0.

Jika siswa tidak memiliki Handphone (HP) maka pada data detai siswa dicentang tidak memiliki handphone.

Baca Juga: Cara Pengajuan Bantuan BLT Guru Madrasah di Simpatika (S42)

Verval Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0 Oleh Operator Lembaga


Berikut adalah alur Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0, simak ulasannya berikut ini:

  1. Langkah pertama login ke Emis 4.0 sebagai operator lembaga di emis.kemenag.go.id
  2. Pada bagian Home, masuk ke menu Monitoring > Data Bantuan PJJ
  3. Kemudian lakukan pengecekan dan monitoring data Handphone siswa dengan memastikan hal-hal berikut: a) Nomor Handphone (HP) telah tercentang yang berarti nomor ponsel telah terisi, jika tidak tercentang maka operator emis 4.0 harus mengisi di data detail siswa. Atau jika siswa madrasah tidak memiliki nomor ponsel (Handphone/HP) maka operator lembaga harus mencentang tidak memiliki Nomor Handphone (HP); b) Bersedia mengikuti program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah tercentang, jika tidak memiliki nomor HP, maka tidak perlu dicentang.
  4. Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah data siswa sudah lengkap, jika sudah lengkap maka tugas operator telah selesai untuk proses Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0, tinggal menunggu proses verifikasi oleh operator seluler. Jika data siswa belum lengkap, maka lengkapi data siswa terlebih dahulu.

Verval Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0 Oleh Kepala Lembaga


Proses Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah Oleh Kepala Lembaga di akun kepala madrasah emis 4.0 merupakan tahapan selanjutnya setelah proses verifikasi nomor ponsel (HP) oleh operator seluler telah selesai.

Yang perlu dilakukan Kepala Madrasah di akun emis 4.0 adalah sebagai berikut:

  1. Unduh daftar nomor ponsel siswa dan SPTJM. Adapun nomor ponsel siswa yang terunduh adalah nomor handphone yang sudah di verifikasi oleh operator seluler.
  2. Kemudian isi dan tandatangani SPTJM
  3. Terakhir, Upload SPTJM yang sudah diisi dan ditangani oleh Kepala Madrasah. Sebagai catatan, File scan SPTJM dan Nomor ponsel harus jadi satu file PDF (digabung).

Alur Verval Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0
Alur Verval Nomor Ponsel di Emis 4.0

Demikian informasi tentang Verval Nomor Ponsel (HP) Siswa Madrasah di Emis 4.0, semoga dapat membantu teman-teman operator lembaga dalam melakukan input data guna mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mencegah dan mengurangi penularan covid-19.

4 komentar

sangat bermanfaat tulisan nya terimakasih sudah menjadi referensi dalam membaca

Assalamu'alaikum.
Dengan adanya bantuan kuota untuk siswa sangat membantu dalam melaksanakan PJJ disaat pedemi ini, namun saya ingin bertanya saat ini mau masuk tidak dapat masuk, sedang sebelumnya dapat masuk tanpa halangan,saat ini ingin masuk dengan data yang sama sebelumnya tidak dapat masuk, kira kira apa kesalahannya , tolong pencerahannya.

Assalamu'alaikum Pak, saya lupa password ketika login kembali pak. Adakah fitur reset passwordnya? Mphon bantuannya pak