Contoh SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah

TIM Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah merupakan salah satu bentuk usaha Sekolah/Madrasah dalam mewaspadai serta mencegah penyebaran Corona Viruse Desease 2019 (Covid-19) pada tingkat Sekolah/Madrasah.

Pembentukan Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah diperkuat oleh SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah yang dikelaurkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah.

Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah memiliki tugas serta tanggung jawab yang secara garis besar melakukan langkah-langkah kewaspadaan serta pencegahan covid-19 di lingkunagn sekolah/Madrasah.

Dalam melaksanakan tugas, Tim Gugus Tugas Sekolah/Madrasah dapat melibatkan dan/atau berkoordinasi dengan segala sumber daya yang ada baik dari internal maupun eksternal Madrasah.

Keterlibatan serta koordinasi yang dilakukan harus dengan tetap berpedoman pada Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Surat Keputusan / SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah dibuat serta di sahkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah yang dibentuk dari unsur-unsur terkait seperti Guru Madrasah, Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK), Satpam, Kantin, dan lain sebagainya.

Hal tersebut sebagai upayaa untuk melakukan upaya kewaspadaan dan pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah dengan berpedoman pada SKB 4 Menteri, yakni Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri Tentang Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Selengkapnya terkait SKB 4 Menteri Tentang Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), silahkan baca disini; [Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19].


SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah

Tugas dan Tanggung Jawab Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah


Tugas dan tanggung jawab Tim gugus tugas pencegahan covid-19 di sekolah/madrasah yang dibentuk oleh kepala Madrasah, antara lain adalah sebagai berikut;
  • Melakukan pembagian kelompok belajar dalam rombongan belajar yang sama dan pengaturan jadwal pelajaran untuk setiap kelompok dalam rombongan belajar sesuai dengan ketentuan pada masa transisi.
  • Melakukan pengaturan tata letak ruangan.
  • Melakukan pengaturan lalu lintas 1 (satu) arah di lorong/koridor dan tangga. Jika tidak memungkinkan, memberikan batas pemisah dan penanda arah jalur di lorong/koridor dan tangga.
  • Melakukan pembersihan dan disinfeksi di satuan pendidikan setiap hari selama 1 (satu) minggu sebelum penyelenggaraan tatap muka dimulai dan dilanjutkan setiap hari selama satuan pendidikan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, antara lain pada lantai, pegangan tangga, meja dan kursi, pegangan pintu, toilet, sarana CTPS dengan air mengalir, alat peraga/edukasi, computer dan papan tik, alat pendukung pembelajaran, tombol lift, ventilasi buatan atau AC, dan fasilitas lainnya.
  • Membuat prosedur pengaturan pedagang kaki lima dan warung makanan di sekitar lingkungan satuan pendidikan.

Dan masih banyak lagi tugas dan tanggung jawab Tim Gugus Tugas Kewaspadaan dan pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah.

Download Contoh SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah


Berikut adalah Contoh SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi serta juga dapat ditambahi poin-poin pendukung lainnya namun tetap berpedoman pada SKB 4 Menteri tentang Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah.

Silahkan unduh Contoh SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah pada tautan berikut ini: 
  • Contoh SK Tim Pencegahan Covid-19 Sekolah/Madrasah Download Disini
  • Contoh Lampiran SK Tim Pencegahan Covid-19 Sekolah/Madrasah Download File

Demikianlah informasi tentang Contoh SK Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Sekolah/Madrasah, semoga dapat memberikan manfaat.
Kami_Madrasah

10 komentar

MaasyaAllah sangat bermanfaat

Jazaakallahu Khoiran Katsiran

Sama-sama pak.
Amiin ya robbal 'Alamin.

naffa'anallahu bi'ulumih aamiiin

terimakasih, sangat membantu

terimakasih, sangat membantu

SYUKRON KATSIIR ,JAZAAKALLAAHU KHOIR SANGAT BERMANFAAT