6 Hal Penting UAMBN-BK UTAMA MTs dan MA 2020

Dalam rangka persiapan pelaksanaan UAMBN-BK Utama tingkat MTs dan MA Tahun 2020. terdapat beberapa hal yang perlu diingat dan dicatat oleh proktor madrasah untuk menghindari kendal-kendal yang mungkin akan terjadi dalam pelaksanaan UAMBN-BK 2020.


Setidaknya ada 6 hal penting terkait pelaksanaan UAMBN-BK UTAMA MTs dan MA 2020 untuk diperhatikan. Satu-persatu akan kami uraikan dalam artikel ini.

Dengan persiapan yang matang, kecil kemungkinan Proktor Madrasah akan mengalami permasalahan ditengah proses pelaksanaan UAMBN-BK Utama MTS dan MA Tahun 2020.

sinkronisasi UAMBN-BK UTAMA MTs dan MA 2020

1. Gunakan VDI Fresh / Kosong


Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh Proktor Madrasah dalam pelaksanaan UAMBN-BK Utama tingkat MTs dan MA Tahun 2020 adalah penggunaan VDI (Virtual Disk Image).

Gunakan VDI yang masih fresh atau belum pernah dipakai sama sekali sebelumnya. Hal ini untuk menghindari adanya data ganda pada VDI. Sehingga penggunaan VDI Fresh untuk pelaksanaan UAMBN-BK Utama baik tingkat MTs maupun MA adalah Mutlak.

VDI UAMBN-BK fresh (jika belum punya) dapat diunduh melalui laman PDUM atau bisa juga Bapak/Ibu mengunduhnya disini >> Download VDI UAMBN-BK 2020.

Jika Bapak/Ibu proktor Madrasah melakukan instalasi VDI UAMBN-BK ke Virtualbox dan mengalami kendala double UUID, silahkan baca artikel berikut >> Cara Pembuatan 2 VHD/VDI di VirtualBox.

2. VDI UAMBN-BK Utama adalah Versi 3.0.4 ke atas (Update Informasi 06 Maret 2020)


Hal kedua yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa VDI (Virtual Disk Image) UAMBNBK yang kita pakai minimal sudah menggunakan versi 3.0.4 atau versi diatasnya.

Untuk melakukan Update VDI tunggu instruksi dari Admin Pusat dan selalu pantau laman PDUM / UAMBN-BK untuk update info terbaru.

3. Proses Sinkronisasi UAMBN-BK 2020 sama dengan proses simulasi


Proses siinkronisasi adalah poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan oleh proktor madrasah. Sinkronisasi merupakan proses pengambilan data madrasah dari pusat serta data-data soal-soal yang hendak diujikan.

Proses Sinkronisasi UAMBN-BK Utama maupun Simulasi UAMBN-BK tidak mengalami perbedaan, Namun yang menjadi catatan penting untuk diperhatikan adalah ada/tidaknya perintah Update VDI, jika terdapat instruksi untuk update. Maka proses sinkronisasi harus dimulai terlebih dahulu dengan update VDI (nomor 9), jika tidak terdapat update VDI, maka langkah proses sinrkonisasi dapat dimulai pada poin 1.

Selengkapnya tentang panduan sinkronisasi UAMBN-BK Utama MTs dan MA baca dalam artikel berikut >> Cara Sinkronisasi UAMBN-BK.

Atau Bapak/Ibu proktor Madrasah dapat membaca tahapan sinkronisasi dan pelaksanaan UAMBN-BK MTs dan MA pada postingan berikut ini >> Revisi Jadwal UAMBN-BK Utama MTs dan MA Tahun 2020.

4. Matikan Firewall di Server dan Client


Firewal merupakan system yang dipergunakan untuk mencegah akses aplikasi yang tidak memiliki izin atau tidak diizinkan untuk beroperasi pada suatu sistem operasi. Sehingga fungsi utama firewall adalah untuk melindungi PC/Komputer dari aplikasi lain yang berbahaya.

Namun tidak hanya firewall yang memang harus dimatikan, namun sebaiknya proktor madrasah juga mematikan/menonaktifkan antivirus seperti Windows Defender atau sejenisnya.

Hal ini untuk mencegah pemblokiran aplikasi UAMBN-BK oleh firewall yang terdapat pada PC/Komputer Server maupun client karena aplikasi UAMBNBK dianggap sebagai virus oleh firewall.

5. Gunakan VDI Sesuai Zona Waktu


Zona Waktu VDI UAMBN-BK 2020 terdapat 3 zona waktu yakni WIB, WITA dan WIT. Pastika kita menggunakan zona waktu sesuai wilayah madrasah bertempat.

Penggunaan VDI yang sesuai dengan zona waktu (WIB/WITA/WIT) juga harus dilinierakan dengan pengaturan zona waktu di data PDUM dalam Profil Madrasah bagian Zona Waktu yang Anda pilih sesuai dengan VDI yang Anda gunakan.

Selain pengaturan pada PDUM, pengaturan waktu di PC Server dan Klien di madrasah juga harus dipastikan sudah sesuai dengan Zona Waktu daerah Anda. Untuk diketahui bahwa UTC+07:00 adalah  Zona waktu WIB , UTC+08:00 adalah Zona waktu WITA , dan UTC+09:00 adalah Zona waktu WIT.

6. Pastikan Data Madrasah Sudah Benar (Final)


Hal penting yang terakhir adalah melakukan croscek data VDI hasil sinkronisasi. Data-data yang wajib kita perhatikan antara lain adalah; Menu Kesiapan Data status untuk Peserta, Soal, dan Jadwal Utama sudah lengkap semua.

Jangan sampai ada siswa yang tertinggal maupun data soal yang belum masuk ke VDI setelah melakukan sinkronisasi UAMBN-BK Tahun 2020. Serta gunakan fitur upload foto peserta UAMBN-BK untuk diinputkan ke dalam VDI UAMBN-BK 2020, selengkapnya baca disini >> Cara Upload Foto Peserta UAMBN-BK.

Jika terdapat persiapan yang dirasa penting dan belum kami masukkan kedalam poin-poin diatas, silahkan Bapak/Ibu Proktor Madrasah menambahkannya dalam kolom komentar.

Demikianlah informasi tentang 6 Hal Penting UAMBN-BK UTAMA MTs dan MA 2020, semoga dapat bermanfaat.