Contoh Kartu Kendali Absensi Guru

Kartu kendali Absensi Guru adalah dokumen pencatatan ketidakhadiran guru yang di isi oleh guru pengganti (baik guru piket atau guru lainnya yang tidak memiliki jam mengajar).

Kartu kendali absensi guru ini berfungi sebagai dokumen laporan pengendalian atas kekosongan proses belajar mengajar karena ketidakhadiran guru mata pelajaran pengampu.


Kartu kendali absesni guru ini dapat digunakan baik kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler. Guru pengganti nantinya mengisi lembar kartu kendali absensi guru ini atas tindakan yang dilakukan dengan adanya kekosongan guru karena tidak hadir.

Dengan adanya kartu kendali Absensi Guru ini, akan dapat diketahui tentang tidak lanjut dan cara penanganan serta penanggulangan yang dilakukan oleh guru piket atas kekosongan kelas karena absennya guru pengampu pelajaran.

Contoh Kartu Kendali Absensi Guru

Kartu kendali Absensi guru ini berbentuk perlembar untuk satu hari proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sehingga kartu kendali absensi guru ini digunakan dalam satu hari kegiatan pembelajaran, karena tidak mungkin terjadi banyak kekosongan karena ketidakhadiran guru.

Dalam kartu kendali Absensi guru ini memuat beberapa komponen isian, antara lain adalah:

1. Cara mengatasi kelas yang ditinggalkan (tindakan penanganan kelas kosong)

Dalam Kolom cara mengatasi kelas yang ditinggalkan ini, memuat tindakan yang dilaksanakan oleh guru pengganti untuk mengisi kelas yang kosong serta bentuk isian formal lain seperti Identitas guru pengisi dan Tanda tangan.

Baca Juga: Beban Kerja & Ekuivalensi Guru (KMA 890 Tahun 2019)

2. Disposisi

Pada Kolom Disposisi ini, terdapat kolom nama dan tandatangan Pimpinan (kepala sekolah/madrasah), guru yang diganti dan guru pengganti serta diketahui oleh guru piket.

Download Contoh Kartu Kendali Absensi Guru


Bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan file contoh Kartu Kendali Absensi Guru, silahkan dapat mengunduh Format Kartu Kendali Absensi Guru dalam tautan berikut ini: Download File

Demikianlah informasi tentang Dwonload Contoh Kartu Kendali Absensi Guru berbentuk Word, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
Kami_Madrasah