Troubleshooting Emis Madrasah Tahun 2020

Permasalahan dalam pengerjaan aplikasi Emis Madrasah begitu beragam. Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba untuk umenguraikan permasalahan dan solusi terkait permasalahan yang muncul ketika proses updating data pada Emis Madrasah.


Dalam rangka mendukung penyelenggaraan dan pengelolaan sistem pendidikan nasional, Ditjen Pendis perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan Islam yang memuat basis data pendidikan Islam yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi;

Untuk mewujudkan basis data pendidikan Islam yang sistematis dan terstruktur sehingga mampu menghasilkan data yang berkualitas untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung, mengintegrasikan, mengolah dan menyajikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu menetapkan sistem pengelolaan data dan sistem informasi pendidikan Islam yang efektif, efisien dan berkesinambungan.

Troubleshooting Emis Madrasah Tahun 2019/2020

Troubleshooting Emis Madrasah Terbaru


Tidak Bisa Login
  1. Cek akun pada jenjang yang lebih tinggi (kab/kota atau kanwil), jika ditemukan bisa coba dilakukan reset password;
  2. Cek data lembaga madrasah yang tidak bisa login tersebut, apakah sudah masuk dalam master data referensi (melalui e-monitor);
  3. Cek NSM lembaga pada master data referensi, apakah sudah sesuai (cocok) dengan NSM user (akun) madrasah. Jika terjadi perbedaan, maka yang diubah dan disesuaikan adalah pada NSM user (akun).

Edit Data Profil Siswa
  1. Tidak dapat dilakukan melalui Aplikasi EMIS;
  2. Perbaikan data profil siswa hanya bisa dilakukan melalui Aplikasi Verval-PD (PDSPK).

Siswa Mutasi

  1. Mutasi dilakukan oleh lembaga (madrasah) asal;
  2. Mutasi diterima lembaga (madrasah) tujuan;
  3. Selama proses mutasi belum diterima, maka status siswa di madrasah asal masih sebagai siswa aktif;
  4. Jika mutasi siswa tidak masuk di dasboard madrasah tujuan, cek kembali NPSN madrasah tujuan yang sudah tujuan.

Siswa Hilang

  1. Operator lembaga (madrasah) > lakukan pencarian pada data lulusan :
  2. Jika ditemukan, batalkan dan laporkan ke admin kabupaten/kota untuk ditarik/dimasukan kembali ke siswa aktif melalui akun e-monitor (kab/kota)
  3. Operator lembaga (madrasah) > lakukan pencarian pada menu Cari Siswa :
  4. Jika ditemukan, klik detail kemudian tombol Simpan.

Mutasi PTK

  1. Mutasi antar madrasah dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama, dapat dilakukan oleh admin kabupaten/kota setempat (melalui e-monitor);
  2. Jika sudah dimutasikan tetapi belum masuk, yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam e-monitor (akun admin kab/kota) > menu Referensi GTK, klik sub menu PTK Hilang.

Kelembagaan

1. Tidak bisa sync Sispena, coba dilakukan sync ulang;
2. Data siswa tidak bisa ditarik padahal data detail sudah diisi:
  • Dikarenakan data rekap pada masing-masing rombel belum ada, masuk ke menu Sarpras > Rincian Data Ruangan > klik Rombel pada data ruangan > isikan sesuai dengan tahun pelajaran. Jangan dihapus untuk tahun pelajaran sebelumnya;
  • PTK hanya Kepala Madrasah, Wakil Kamad, Kepala TU, Laboran, Kepala Perpustakaan yang diakui Sispena. Hapus terlebih dahulu tugas tambahan pada PTK yang lain. Kemudian setelah berhasil di Sispena, dapat ditambahkan kembali.

Demikianlah informasi tentang Troubleshooting Emis Madrasah Tahun 2019/2020, semoga membawa manfaat untuk Bapak/Ibu Operator emis.