Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 K13 Revisi Terbaru

Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 K13 Revisi Terbaru ini terdiri atas beberapa dokumen yang merupakan kelengkapan administrasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Pembelajaran PKn dibutuhkan sebagai upaya pembentukan identitas, kepribadian, dan moralitas generasi muda Indonesia menyiapkan diri untuk keberlanjutan kepemimpinan bangsa.

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu bentuk dari domain kurikuler PKn. Sesuai dengan namanya, PKn merupakan mata pelajaran pada kurikulum SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK.

Sebagai mata pelajaran di tingkat satuan pendidikan, PKn mempunyai misi sebagai pendidikan nilai Pancasila dan kewarganegaraan untuk warga negara muda usia. Secara ontologis, mata pelajaran PKn berangkat dari nilai-nilai Pancasila dan konsepsi kewarganegaraan.

Secara epistemologis, mata pelajaran PKn merupakan program pengembangan individu dan secara aksiologis mata pelajaran PKn bertujuan untuk pendewasaan peserta didik sebagai anggota masyarakat, warga negara, dan komponen bangsa Indonesia.

Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 K13 Revisi Terbaru

Oleh karena itu, kurikulum PKn yang dikembangkan selalu diarahkan dengan tujuan untuk mencapai target belajar tentang, melalui proses, dan untuk menumbuhkan demokrasi konstitusional Indonesia sesuai dengan UUD 1945”.

Tujuan Pembelajaran PKn

Tujuan Pembelajran PKn adalah terbentuknya warga Negara yang cerdas dan baik, yakni warga negara yang bercirikan tumbuh-kembangnya kepekaan, ketanggapan, kritisisasi, dan kreativitas sosial dalam konteks kehidupan bermasyarakat secara tertib, damai, dan kreatif.

Proses pembelajaran diorganisasikan dalam bentuk belajar sambil berbuat (learning by doing), belajar memecahkan masalah sosial (social problem solving learning), belajar melalui perlibatan sosial (socio-participatory learning), dan belajar melalui interaksi sosial-kultural sesuai dengan konteks kehidupan masyarakat.

Download Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 Revisi Terbaru


Berikut adalah Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi Terbaru yang dapat di unduh melalui tautan-tautan berikut ini:

Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 Semester 1


Baca Juga: Download Silabus dan RPP K13 PKn Kelas 8 SMP/MTs

Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 Semester 2


Demikianlah informasi terkait Perangkat Pembelajaran PKn Kelas 7 K13 Revisi Terbaru semoga membawa manfaat.
Kami_Madrasah

4 komentar

assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, terima kasih ilmunya mohon izin untuk mengunduh semoga keberkahan selalu Alloh limpahkan kepada Admin.

SMPN 1 GunungSindur: Waalaikum Salam, Sama-sama, Silahkan di unduh.